Strategi bimbingan dan konseling islam dalam membentuk kepercayaan diri siswa kelas 8 SMP Negeri 03 Pekalongan

Supangat, Fatwa Aulia Aditya Prima (2024) Strategi bimbingan dan konseling islam dalam membentuk kepercayaan diri siswa kelas 8 SMP Negeri 03 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3519069_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3519069_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan mengenai kepercayaan diri yang dialami oleh siswa kelas 8 SMP Negeri 03 Pekalongan. Hal ini disebabkan oleh faktor kondisi fisik, status ekonomi, kecerdasan, dan lingkungan sekitarnya. Banyak siswa yang mempunyai permasalahan kepercayaan diri seperti menyendiri dan pendiam, serta ada siswa yang insecure dengan selalu menggunakan masker baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Selain itu banyak sekali siswa yang menghubungi guru supaya ditempatkan di kelas yang sama dengan teman yang sudah mereka kenal sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kepercayaan diri siswa kelas 8 dan strategi bimbingan dan konseling dalam membentuk kepercayaan diri siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Pekalongan. Penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bimbingan dan konseling yang dilakukan di SMP Negeri 03 Pekalongan menggunakan strategi bimbingan klasikal, bimbingan kelompok dan strategi kolaborasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan guru pendidikan agama islam dapat membentuk kepercayaan diri siswa. siswa kelas 8 SMP Negeri 03 Pekalongan M, A, P, R, AR, S dan F menunjukan bahwa mereka sudah memiliki kepercayaan diri yang baik. Mereka menunjukan perubahan yang baik dari sebelum melakukan bimbingan dengan sesudah melakukan bimbingan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya adanya bimbingan dan konseling dalam membentuk kepercayaan diri di SMP Negeri 03 Pekalongan. Dalam hal ini pada proses bimbingannya menggunakan strategi bimbingan klasikal, bimbingan kelompok dan strategi kolaborasi antara guru bimbingan dan konseling dengan guru pendidikan agama islam dalam membentuk kepercayaan diri pada siswa kelas 8 SMP Negeri 03 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
TeacherSubhi, Muhamad Rifa’iUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam, Strategi Bimbingan dan Konseling, Kepercayaan diri, Siswa SMP
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:51
Last Modified: 19 Sep 2024 02:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10020

Actions (login required)

View Item View Item