Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII Pondok Modern Tazakka

Ibad, Irsyadul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII Pondok Modern Tazakka. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620081_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620081_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan aplikasi Geo-G sebagai media pembelajaran bangun ruang sisi datar untuk santri di pondok pesantren. Bangun ruang sering kali dianggap sebagai materi yang sulit dalam pelajaran matematika, terutama di lingkungan pondok pesantren di mana minimnya media pembelajaran dapat menjadi hambatan utama. Dengan menggunakan pendekatan model ADDIE, penelitian ini mengimplementasikan aplikasi Geo-G berbasis android mobile game yang terintegrasi dengan augmented reality pada filter Instagram sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi belajar, motivasi, dan hasil pemahaman santri terhadap bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Geo-G dinilai valid oleh ahli media dan ahli materi dengan skor masing-masing 92% dan 82,6%. Respons positif dari guru dan siswa dalam uji coba aplikasi ini juga menunjukkan bahwa Geo-G praktis digunakan, dengan skor respons mencapai 87,3%. Evaluasi terhadap hasil belajar santri menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah menggunakan Geo-G, dengan peningkatan skor uji asesmen awal dan asesmen akhir sebesar 61,3%. Secara keseluruhan, aplikasi Geo-G dapat menjadi solusi efektif untuk mendukung pembelajaran bangun ruang sisi datar di pondok pesantren. Pengembangan aplikasi ini diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menyediakan media yang lebih interaktif dan mendukung pembelajaran santri secara lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFahmy, Ahmad Faridh Ricky199106062020121013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android, Augmented Reality, Filter Instagram, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:21
Last Modified: 03 Oct 2024 02:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item