Analisis Kesulitan Belajar Matematika Menggunakan Metode Ala Sekolah (ASE) Di Bimbingan Belajar Anak Hebat (AHE) Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan

Fikrina, Rizanati (2024) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Menggunakan Metode Ala Sekolah (ASE) Di Bimbingan Belajar Anak Hebat (AHE) Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319053_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319053_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2319053_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah adanya siswa di bimbingan belajar yang mengalami kesulitan belajar matematika. Hal ini dapat mengakibatkan siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika tidak dapat menerima dan mengikuti pembelajaran sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, guru pembimbing harus dapat mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa sehingga guru pembimbing harus melakukan upaya agar siswa dapat menerima dan memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya yaitu: 1) bagaimana kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar matematika menggunakan metode Ala Sekolah (Ase) di bimbingan belajar Anak Hebat (Ahe) Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan?, 2) apa faktor penyebab kesulitan belajar matematika metode Ala Sekolah (Ase) di bimbingan belajar Anak Hebat (Ahe) Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan?, 3) bagaimana upaya guru pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar matematika metode Ala Sekolah (Ase) yang dihadapi siswa di bimbingan belajar Anak Hebat (Ahe) Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesulitan belajar matematika metode Ala Sekolah (Ase) yang dihadapi siswa, untuk menganalisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika metode Ala Sekolah, serta untuk menganalisis upaya yang dilakukan guru pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar matematika metode Ala Sekolah (Ase) yang dihadapi siswa di bimbingan belajar Anak Hebat (Ahe) Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pendiri atau guru pembimbing les hitung serta siswa bimbingan les hitung di bimbingan belajar Anak Hebat (Ahe) Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan, sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah hasil dari observasi, dokumentasi, dan penelitian yang relevan. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka kesulitan belajar matematika metode Ala Sekolah (Ase) yang dihadapi siswa di bimbingan belajar Anak Hebat (Ahe) Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan antara lain sebagai berikut: 1) kesulitan memahami konsep, 2) kesulitan keterampilan berhitung, 3) kesulitan memecahkan masalah. Faktor internal penyebab kesulitan belajar matematika metode Ala Sekolah (Ase) yang dihadapi siswa di bimbingan belajar Anak Hebat (Ahe) Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan yaitu kecerdasan. Faktor eksternal penyebab kesulitan belajar matematika metode Ala Sekolah (Ase) yang dihadapi siswa di bimbingan belajar Anak Hebat (Ahe) Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan yaitu keluarga. Upaya yang dilakukan guru pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar matematika metode Ala Sekolah (Ase) yang dihadapi siswa di bimbingan belajar Anak Hebat (Ahe) Desa Sawangan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan adalah sebagai berikut: 1) mengingatkan kembali, 2) pembiasaan menulis angka, 3) melakukan penjelasan ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan Belajar Matematika, Metode Ala Sekolah, Ahe
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:54
Last Modified: 28 Sep 2024 07:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10052

Actions (login required)

View Item View Item