Implementasi P5 PPRA dalam Pengembangan Minat/Bakat Siswa MI YMI Wonopringgo 03 kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2024/2025

Fikriyah, Maharotul (2024) Implementasi P5 PPRA dalam Pengembangan Minat/Bakat Siswa MI YMI Wonopringgo 03 kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320013_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320013_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Minat atau kemauan kuat para siswa untuk bisa memunculkan bakat atau potensi yang dimilikinya mestilah terus ditumbuhkan dan dikembangkan dalam satuan pendidikan, khususnya di Madrasah Ibtiadiyah (MI). Keberadaan lembaga MI merupakan upaya peningkatan kecerdasan anak bangsa. Minat dan bakat para siswa seringkali tidak terlihat oleh para guru selaku pendidik di suatu lembaga pendidikan dikarenakan kurangnya pendekatan yang dilakukan oleh para pendidik tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana (1) implementasi P5 PPRA dalam pengembangan minat dan bakat siswa di MI YMI Wonopringgo 03 kabupaten Pekalongan Tahun 2024/2025; dan (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi P5 PPRA dalam pengembangan minat dan bakat siswa di MI YMI Wonopringgo 03 kabupaten Pekalongan Tahun 2024/2025. Tujuan penelitiannya adalah (1) mengetahui implementasi P5 PPRA dalam pengembangan minat dan bakat siswa di MI YMI Wonopringgo 03 kabupaten Pekalongan Tahun 2024/2025; dan (2) menganalisa faktor pendukung dan penghambat implementasi P5 PPRA dalam pengembangan minat dan bakat siswa di MI YMI Wonopringgo 03 kabupaten Pekalongan Tahun 2024/2025. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dimana penelitian dilaksanakan pada kancah kehidupan yang sebenarnya. Metode yang digunakan dengan metode observasi berupa pengamatan, metode angket berupa pertanyaan terstruktur, metode interview berupa wawancara dan metode dokumentasi berupa data lapangan. Analisis data dengan menggunakan kualitatif yang didapat dari hasil observasi dan wawancara yng disimpulkan dalam pernyataan-pernyataan. Implementasi P5 PPRA dalam pengembangan minat dan bakat siswa di MI YMI Wonopringgo 03 kabupaten Pekalongan Tahun 2024/2025 ditunjukkan dengan kegiatan pembiasaan keagamaan seperti doa bersama setiap pagi menjelang masuk kelas, tadarus al-Qur’an, sholat sunah dhuha dan sholat berjamaah dzuhur serta kegiatan dinamika kelompok dalam pembelajaran menumbuhkan sikap (1) beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, (2) mandiri, (3) bergotongroyong, (4) bernalar kritis, (5) berbinekaan global, dan (5) kreatif) yang dapat menumbuhkan dan mengembangan minat dan bakat yang dimiliki oleh para siswa. Faktor pendukung diantaranya (1) Peranan guru dalam pembelajaran keagamaan dengan pengkondisikan lingkungan religius; (2) Adanya perhatian dari orang tua/wali siswa yang memberikan fasilitas; dan (3) Kondisi lingkungan sekitar madrasah yang baik dan kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya: (1) Adanya beberapa orang tua siswa yang tinggal di luar kota atau tidak bisa mendampingi anak, sehingga secara psikologi mereka kurang dapat menyesuaikan dengan kegiatan madrasah; dan (2) Lingkungan di luar madrasah yang tidak bisa terkontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadli, FailasufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: P5 PPRA, Pengembangan dan Minat/Bakat Siswa
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:49
Last Modified: 04 Oct 2024 03:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10054

Actions (login required)

View Item View Item