Analisis Hukum Terhadap Pembatasan Dan Pengalihan Tanggung Jawab Bank Penerbit Atas Produk Uang Elektroniknya (Studi Kasus Brizzi)

Sulistyowati, Diyah (2024) Analisis Hukum Terhadap Pembatasan Dan Pengalihan Tanggung Jawab Bank Penerbit Atas Produk Uang Elektroniknya (Studi Kasus Brizzi). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1220100_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1220100_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi dalam sektor perbankan sangat mempengaruhi berbagai transaksi antara nasabah dan pihak bank. Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbitkan kartu uang elektronik Brizzi yang telah disahkan oleh Bank Indonesia. Uang elektronik menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi. Dengan kartu ini, pengguna dapat melakukan berbagai pembayaran, seperti pembayaran tol, tiket kereta api, dan pembelanjaan di toko retail. Namun, di sisi lain Ketentuan umum pada Brizzi menyatakan bahwa kartu yang hilang dan dicuri tidak dapat diajukan proses pemblokiran. Begitu juga dengan kerusakan yang terjadi pada Kartu Brizzi yang menyebabkan kegagalan transaksi, nasabah tidak dapat mengajukan klaim ganti rugi akibat kerusakan kartu. Dalam hal ini, terdapat permasalahan yang dapat merugikan konsumen, seperti pembatasan dan pengalihan tanggung jawab oleh pihak bank yang terdapat dalam ketentuan umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keabsahan dan implikasi pembatasan dan pengalihan tanggung jawab BRI terhadap perlindungan hukum konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan dua sumber data penelitian yaitu sumber data primer diperoleh dari Ketentuan Umum pada produk uang elektronik Brizzi yang diterbitkan oleh BRI dan sumber data sekunder diambil dari buku, jurnal, hasil penelitian, atau lainnya. Adapun teknik analisis data menggunakan teknis analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketentuan umum yang dibuat oleh pihak BRI adalah sah dan mengikat pihak BRI dan konsumen yang berjanji dalam ketentuan umumnya. Penerapan pembatasan dan pengalihan tanggung jawab oleh BRI telah sejalan dengan regulasi yang mengikat, sehingga ketentuan umum ini memberikan kepastian hukum bagi para pihak yang terlibat. Dalam hal perlindungan hukumnya, pihak BRI bertanggung jawab atas keamanan transaksi, namun BRI tidak menanggung kerugian akibat kehilangan kartu seperti yang sudah disepakati dalam ketentuan umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFuad, Iwan Zaenul197706072006041003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Uang Elektronik, Perlindungan Konsumen, Ketentuan Umum
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 342 Constitutional and Administrative Law/Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:53
Last Modified: 01 Aug 2024 06:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10068

Actions (login required)

View Item View Item