Nilai-nilai bimbingan islam dalam film animasi riko the series

Naja, Safinatun (2024) Nilai-nilai bimbingan islam dalam film animasi riko the series. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3519086_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3519086_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Film merupakan salah satu media yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dalam bentuk audio visual. Karenanya, tak jarang film dijadikan sebagai ajang sosialisasi atau kampanye guna menebarkan pesan secara massif kepada khalayak umum. Salah satunya adalah film animasi “Riko The Series”. Film animasi Riko The Series menjadi jawaban bagi para orang tua Indonesia yang khawatir dengan tontonan anak di era digital saat ini. Film animasi ini banyak memberikan cerita-cerita makna kehidupan. Film animasi Riko The Series ini hadir untuk memberikan banyak tentang nilai-nilai bimbingan Islam berupa nilai bimbingan dalam aspek rukun Iman, aspek rukun Islam, dan aspek Ihsan. Nilai bimbingan dalam rukun Iman pada film animasi Riko The Series berupa mengajarkan tentang keyakinan atau kepercayaan kepada Allah dan Rasul. Nilai bimbingan dalam aspek rukun Islam mengajarkan tentang ajaran-ajaran Islam diantaranya berupa Sholat, dan Puasa. Nilai bimbingan dalam Ihsan mengajarkan tentang makan dan minum yang baik serta menghormati orang tua . Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana nilai bimbingan Islam aspek rukun Iman yang terdapat dalam animasi Riko The Series?, bagaimana nilai bimbingan Islam aspek rukun Islam yang terdapat dalam animasi Riko The Series?, dan bagaimana nilai bimbingan Islam aspek Ihsan yang terdapat dalam animasi Riko The Series?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja nilai bimbingan Islam aspek rukun Iman yang terdapat dalam animasi Riko The Series, untuk mengetahui apa saja nilai bimbingan Islam aspek rukun Islam yang terdapat dalam animasi Riko The Series, dan untuk mengetahui apa saja nilai bimbingan Islam aspek Ihsan yang terdapat dalam animasi Riko The Series yang terdapat dalam animasi Riko The Series. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian dengan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai bimbingan Islam menghasilkan makna-makna percaya akan kekuasaan Allah, melaksanakan perintah-perintah Allah, dan berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari serta nilai-nilai bimbingan Islam yang terdapat dalam film animasi Riko The Series. Nilai-nilai bimbingan Islam tersebut yaitu nilai bimbingan Islam aspek rukun Iman, nilai bimbingan Islam aspek rukun Islam, dan Nilai bimbingan Islam aspek Ihsan. Nilai bimbingan Islam dalam aspek rukun Iman pada film ini berupa ajaran untuk percaya adanya Allah dan Rasul. Nilai bimbingan Islam dalam aspek rukun Islam pada film ini berupa ajaran untuk melaksanakan sholat dan puasa. Nilai bimbingan Islam dalam aspek Ihsan pada film ini berupa ajaran untuk selalu berbuat baik kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha Pramana198501132015031003-
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai, Bimbingan Islam, Film Animasi Riko The Series
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:29
Last Modified: 19 Sep 2024 02:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item View Item