UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI SISWA KELAS XI IPS DI SMA ISLAM AHMAD YANI BATANG

zaqia, Lailatu (2024) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI SISWA KELAS XI IPS DI SMA ISLAM AHMAD YANI BATANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
COVER BAB 1-BAB 5, DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT COVER BAB 1-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Lailatuzaqia. 2024, Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Empati Siswa Kelas XI IPS Di SMA Islam Ahmad Yani Batang. Skripsi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Dr. Hj. Sri Mumun Muniroh, M, Psi., M.A. Kata Kunci: Upaya Guru Bimbingan Konseling dan Empati Mengembangkan empati perlu kaitannya dengan guru dalam mendampingi proses belajar dan bersosialisasi. Sehingga, upaya guru bimbingan konseling dapat memberikan dorongan, wawasan dan arahan untuk siswanya. Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Empati Siswa menjadi salsah satu cara yang bisa digunakan dalam mengatasi empati siswa yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana upaya guru Bimbingan Konseling dalam mengembangkan empati siswa kelas XI IPS di SMA Islam Ahmad Yani Batang? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru Bimbingan Konseling dalam mengembangkan empati siswa? Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui upaya guru Bimbingan Konseling dalam mengembangkan empati siswa. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif atau penelitian lapangan (field research) dimana teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa di SMA Islam Ahmad Yani Batang terdapat beberapa siswa lebih mendahulukan kepentingan pribadi daripada kepentingan sosial. Hal itu menunjukkan siswa kelas XI IPS yaitu memiliki empati rendah, dengan upaya yang dilakukan guru bimbingan konseling memberikan bimbingan layanan, bimbingan pribadi, memberikan dorongan kepada siswa, dan mengajarkan siswa untuk saling menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMumun Muniroh, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Bimbingan Konseling dan Empati
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 150 Psychology/Psikologi, Ilmu Jiwa
100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:43
Last Modified: 29 Sep 2025 02:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10083

Actions (login required)

View Item View Item