Hukum pelaku penyelundupan hukum pengangkatan anak (Studi Kasus Masyarakat di Desa Tumbrep Kecamatan Bandar Kesadaran)

Arifin, Aslakhul (2024) Hukum pelaku penyelundupan hukum pengangkatan anak (Studi Kasus Masyarakat di Desa Tumbrep Kecamatan Bandar Kesadaran). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1120095_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1120095_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pengangkatan anak merupakan suatu perbuatan hukum dengan memindahkan seorang anak dari kekuasaan orang tua, wali yang sah, atau orang lain yang bertanggung jawab atas pendidikan, serta pengasuhan anak yang diangkat tersebut ke dalam lingkungan keluarga orang tua angkatnya. Pengangkatan anak bukan merupakan suatu hal yang baru di Indonesia karena hal tersebut sudah sangat lazim dilakukan oleh masyarakat. Hanya saja cara dan motifnya yang berbeda. Pengangkatan anak tanpa melalui penetapan pengadilan sering terjadi di Desa Tumbrep, ada 5 pasangan suami istri yang melakukan praktik pengangkatan anak tersebut. Oleh karena itu dalam skripsi ini akan dibahas Kesadaran Hukum masyarakat Desa Tumbrep terhadap pengangkatan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan Sosiologi Hukum. Kajian terhadap ketentuan-ketentuan hukum yang sesuai dan peristiwa- peristiwa kemasyarakatan yang sebenarnya, atau dengan kata lain kajian berdasarkan keadaan-keadaan yang sebenarnya atau benar-benar terjadi. Jenis penelitian ini disebut juga dengan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis data, yang melibatkan pemberian data mengenai kondisi terkini atau kesulitan yang dihadapi saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFuad, Iwan ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengangkatan Anak, Kesadaran Hukum, Penyelundupan Hukum
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 346.01 Domestic Relations, Family Law, Marriage/Hukum Keluarga, Hukum Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Keluarga Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:57
Last Modified: 27 Sep 2024 04:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10085

Actions (login required)

View Item View Item