Pengembangan Minat Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler Karate di SD Islam Al Bayan Wiradesa Pekalongan

Puspitasari, Alfa (2024) Pengembangan Minat Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler Karate di SD Islam Al Bayan Wiradesa Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320121_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320121_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id//

Abstract

Karate penting diajarkan pada anak sejak usia dini karena sebagai bekal mereka untuk menjaga diri. Salah satu upaya untuk mengembangkan bela diri sejak dini bisa dimulai dari tingkat pendidikan dasar berupa kegiatan ekstrakurikuler sehingga perlu dikenalkan sejak awal dan jadi bahan pengembangan minat pada siswa di tingkat sekolah dasar. Namun, berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Toradi bahwa di Kecamatan Wiradesa masih jarang adanya kegiatan ekstrakuriuler karate. SD Islam Al Bayan Wiradesa Pekalongan merupakan salah satu Sekolah Dasar di Kecamatan Wiradesa yang menyediakan karate untuk meningkatkan minat yang dimiliki siswa dalam cabang bela diri. Hal ini yang membedakan SD Islam Al Bayan Wiradesa Pekalongan dengan tingkat pendidikan Sekolah Dasar lainnya di Kecamatan Wiradesa. Rumusan masalah penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu bagaimana pelaksanaan pengembangan minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler karate di SD Islam Al Bayan Wiradesa Pekalongan serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler karate di SD Islam Al Bayan Wiradesa Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler karate di SD Islam Al Bayan Wiradesa Pekalongan serta untuk mengidentifikasi apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler karate di SD Islam Al Bayan Wiradesa Pekalongan. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik dan sumber. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler karate dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang mengacu pada indikator minat yaitu pengetahuan, ketertarikan, perhatian, dan motivasi. Faktor pendukung individu yaitu minat yang dimiliki oleh siswa itu sendiri sedangkan faktor pendukung sosialnya adalah orang tua, pelatih yang kompeten di bidangnya serta sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya yaitu waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryanto, Andung DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Minat, Kegiatan Ekstrakurikuler, Karate
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:50
Last Modified: 04 Oct 2024 07:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10096

Actions (login required)

View Item View Item