Analisis Kesulitan Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Fase C Kelas V Di Sd 03 Lambanggelun Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Anizar, Anizar (2024) Analisis Kesulitan Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Fase C Kelas V Di Sd 03 Lambanggelun Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319099_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319099_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2319099_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kesulitan siswa terutama siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dalam kemampuan menyimak, menulis, membaca, dan berbicara sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan terdapat beberapa peserta didik yang kurang fokus dan kurang memperhatikan penjelasan guru, asik bergurau dengan teman, bahkan terdapat beberapa peserta didik yang memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan teman yang lainnya dalam memahami materi pembelajaran Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui 1). Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia. 2). Kesulitan belajar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. 3). Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar dalam mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V SD 03 Lambanggelun Paninggaran Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD 03 Lambanggelun menggunakan bahan ajar cetak dan audio visual. Media pembelajaran yang digunakan yakni buku panduan guru dan siswa bahasa Indonesi. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Asesmen penilaian yang digunakan yaitu dari hasil belajar siswa. Adapun jenis-jenis kesulitan belajar dalam mata pelajaran 4 keterampilan bahasa indonesia. Pertama, keterampilan menyimak terdapat jenis kesulitan learning disorder,learning disfunction, dan under achiver. Kedua, membaca terdapat jenis kesulitan belajar learning disabilities dan slow learner. Ketiga, menulis terdapat jenis kesulitan belajar learning disfunction dan slow learner. Keempat, berbicara terdapat jenis kesulitan belajar under achiever. Adapun faktor-faktor kesulitan belajar dalam mata pelajaran bahasa indonesia terbagi menjadi 2 yakni faktor internal dan eksternal, faktor internal meliputi kecerdasan dibawah rata-rata, kesulitan memproses informasi spesifik, kurang percaya diri, masalah kesehatan, dan minat. Adapun faktor eksternal meliputi lingkungan kelas yang tidak kondusif, dan kondisi sosial ekonomi yang kurang menguntungkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitaningrum, DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:08
Last Modified: 28 Sep 2024 06:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10116

Actions (login required)

View Item View Item