Perbandingan Aturan Pembatalan Perkawinan Di Indonesia Dan Sudan

Syafa’aturrohmah, Syafa’aturrohmah (2024) Perbandingan Aturan Pembatalan Perkawinan Di Indonesia Dan Sudan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1119099_Cover Bab 1 dan Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1119099_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Setiap negara sudah memiliki regulasi khusus yang sudah dirancang untuk prosesi pernikahan warga negaranya, khususnya negara yang sudah didominasi oleh agama mayoritas muslim seperti contoh Indonesia dan juga Sudan. Perbedaan tersendiri antara keduanya ialah, Sudan pada praktinya setiap wilayah bagian memiliki undang-undangnya tersendiri. Metode pendekatan dari penelitian ini adalah yuridis normatif, dalam penelitian normatif bahan pustaka berupa data dasar yang dalam penelitian digolongkan sebagai data sekunder. Data sekunder bisa mencakup bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Bahan hukum primer, yaitu peraturan perundang-undangan seperti: Undang-Undang yang menyangkut hukum pidana, dan peraturan lainnya yang ada hubungannya dengan penulisan skripsi ini, bahan hukum sekunder meliputi buku-buku hukum, kamus yang berkaitan dengan penulisan skripsi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pembatalan perkawinan di Indonesia dan juga Sudan pembatalan perkawinan adalah terhadap suatu hubungan perkawinan yang telah terjadi, dapat dilakukan pembatalan apabila terhadap perkawinan tersebut diketahui tidak memenuhi ketentuan terkait syarat-syarat untuk melakukan dan untuk melakukan pembatalan tersebut hanya dapat dilakukan melalui putusan pengadilan dan komparasi pembatalan perkawinan di Indonesia dan Sudan yaitu kedua negara tersebut sebenarnya memiliki persamaan tidak jauh beda antara Indonesia dengan Sudan mereka mayoritas penduduknya muslim atau islam dan juga menggunakan fiqih dan hukum islam dalam menangani masalah terhadap pembatalan perkawinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamalludin, IqbalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembatalan, Perkawinan, Indonesia, Sudan
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 346.01 Domestic Relations, Family Law, Marriage/Hukum Keluarga, Hukum Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Keluarga Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:09
Last Modified: 26 Sep 2024 08:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10124

Actions (login required)

View Item View Item