Komunikasi sebagai sarana akulturasi budaya religi islam dan kejawen pada ritual nyepi di pantai Slamaran Pekalongan

Risqiani, Dwi (2024) Komunikasi sebagai sarana akulturasi budaya religi islam dan kejawen pada ritual nyepi di pantai Slamaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
SKRIPSI DWIRIS BAB 1 DAN 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWIRIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam penulisan ini permasalahan yang penulis kaji yaitu terkait bagaimana eksistensi akulturasi budaya Islam Kejawen pada ritual Nyepi di Pantai Slamaran Pekalongan masih terjaga hingga saat ini. Penulis menarik dua rumusan masalah pada penelitian ini, pertama bagaimana proses, kedua bentuk komunikasi pada ritual Nyepi di Pantai Slamaran dan bagaimana bentuk akulturasi budaya religi Islam dan Kejawen pada ritual Nyepi di Pantai Slamaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas kegiatan Nyepi di Pantai Slamaran Pekalongan baik berupa bentuk komunikasi pada akulturasi dua budaya yaitu Islam dan Kejawen yang terjadi didalam ritualnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analaisis data yang digunakan dalam penulisan ini diperoleh dengan mengumpulkan seluruh data yang diperoleh lalu diolah dan dikelompokan dari hasil observasi dan wawancara dengan cara pengumpulan data, memilih data, mengelompokan data, menyusun data dan menyimpulkan dari narasumber terkait. menggunakan metode fenomenologi untuk melakukan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama proses komunikasi pada ritual Nyepi di Pantai Slamaran Pekalongan berlangsung efektif dengan unsur pembangun seperti adanya komunikator, pesan, media, penerima dan efek pada ritualnya yang tidak terlepas dari konsep tiga reduksi pada teori fenomenologi Edmund Husserl, kedua bentuk komunikasi pada ritual Nyepi di Pantai Slamaran menggunakan komunikasi simbol dan komunikasi spiritual. Tergambar pada sesaji serta cara penyampaian komunikasi demgan interaksi antara dua makhluk atau lebih baik dengan sesama manusia, hal gaib tahu hal metafisika lainya, ketiga akulturasi religi Islam Kejawen pada ritual Nyepi di Pantai Slamaran dalam hal ini menarik kesimpulan bahwa Ritual Nyepi merupakan hasil dari interaksi agama Hindu-Budha dan Islam kemudian melahirkan suatu bentuk budaya yang disebut dengan Kejawen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfad, Mochammad NajmulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Akulturasi Budaya, Religi Islam, Kejawen, Ritual Nyepi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:59
Last Modified: 12 Sep 2024 04:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10143

Actions (login required)

View Item View Item