Konstruksi sosial dan komunikasi massa dalam melakukan gerakan resistensi politik uang (studi kasus pilkades Desa Gerlang Blado Batang tahun 2022)

Hanik, Ummi (2024) Konstruksi sosial dan komunikasi massa dalam melakukan gerakan resistensi politik uang (studi kasus pilkades Desa Gerlang Blado Batang tahun 2022). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420031_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420031_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Praktik politik uang sudah menjadi hal wajar bagi semua orang, terlebih pada suatu pemerintahan maupun pemilihan baik secara umum maupun tidak. Salah satunya saat Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades yang diselenggarakan 8 tahun sekali, dengan maksimal dua periode. Akan tetapi hal ini tidak terjadi pada masyarakat yang tinggal di Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Desa ini memiliki julukan khusus setiap pelaksaan Pilkades, yakni Desa Anti Politik Uang. Dengan komunikasi yang terjalin sangat baik antar masyarakat, sehingga menjadikan sebuah perubahan yang cukup besar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengungkap konstruksi sosial dan komunikasi massa yang digunakan oleh masyarakat Desa Gerlang dalam melakukan resistensi politik uang pada Pilkades tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan proses penelitian dan pemahaman dengan dasar metodologi terhadap suatu fenomena sosial. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Kemudian teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung kepada masyarakat sesuai dengan fenomena yang terjadi pada saat Pilkades dilaksanakan. Selain itu juga peneliti menelaah beberapa referensi dari buku, jurnal, maupun penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pilkades tidak menggunakan politik uang, seperti halnya Desa Gerlang yang mengedepankan kejujuran serta komunikasi yang dilakukan secara langsung oleh panitia penyelenggara Pilkades kepada masyarakat mengenai penolakan terhadap politik uang, sehingga membawa kedamaian dan ketentraman bagi seluruh masyarakat yang tinggal di Desa Gerlang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayatullah, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Politik Uang, Pilkades, Konstruksi, Komunikasi Massa, Resistensi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:30
Last Modified: 12 Sep 2024 04:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10147

Actions (login required)

View Item View Item