Konseling individu dengan menggunakan pendekatan behavioral berbasis islami untuk mengurangi perilaku membolos pada siswa kelas viii di MTs Al Muawanah

Fitriana, Deva Lailatul (2024) Konseling individu dengan menggunakan pendekatan behavioral berbasis islami untuk mengurangi perilaku membolos pada siswa kelas viii di MTs Al Muawanah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520103_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (926kB)
[img] Text
3520103_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perilaku membolos pada siswa diperlukan adanya pemberian konseling oleh guru bimbingan konseling di sekolah. Perilaku membolos dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal dipengaruhi oleh teman sebaya, lingkungan tempat tinggal maupun di dalam rumah, sedangkan faktor internal berasal dari faktor dalam diri siswa. Para siswa kelas VIII di MTs Al Muawana yang melakukan perilaku membolos diberikan layanan berupa konseling individu dengan pendekatan behavioral berbasis Islami. Layanan konseling individu diharapkan mampu untuk membantu untuk mengurangi perilaku membolos pada siswa. Peneliti ingin meneliti, dan mewawancarai pihak terkait untuk mengetahui pelaksanaan konseling individu menggunakan pendekatan behavioral berbasis Islami di MTs Al Muawanah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan konseling individu dengan menggunakan pendekatan behvaioral untuk mengurangi perilaku membolos pada siswa kelas VIII di MTs Al Muawanah? 2) Bagaimana perilaku membolos pada siswa? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan konseling individu dengan menggunakan pendekatan bhevaioral berbasis Islami untuk mengurangi perilaku membolos pada siswa kelas VIII di MTs Al Muawanah dan mengetahui perlaku membolos pada siswa kelas VIII di MTs Al Muawanah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan behavioral dengan teknik reinforcement dan teknik assertive training. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi awal siswa sering melakukan perilaku membolos di sekolah, namun setelah diberikan layanan konseling individu siswa kelas VIII mengalami perubahan yang positif. Hal itu ditandai dengan siswa yang sellau melakukan bolos 1-2 kali dalam seminggu kini dan membolos pelajaran berubah menjadi lebih sedikit keterangan tidak hadirnya dan selalu mengikuti pemebelajaran sampai selesai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAni, AniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Pendekatan Behavioral Berbasis Islami, Perilaku Membolos
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:10
Last Modified: 26 Sep 2024 04:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10162

Actions (login required)

View Item View Item