Pengaruh biaya pemeliharaan, nilai taksiran, dan kualitas layanan terhadap keputusan nasabah untuk memilih produk gadai emas dengan harga emas sebagai variabel moderating (Studi Pada BSI KC Pekalongan Pemuda Periode 2021-2023)

Widyantoro, Andy Akhmad (2024) Pengaruh biaya pemeliharaan, nilai taksiran, dan kualitas layanan terhadap keputusan nasabah untuk memilih produk gadai emas dengan harga emas sebagai variabel moderating (Studi Pada BSI KC Pekalongan Pemuda Periode 2021-2023). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Cover V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pengaruh Biaya Pemeliharaan, Nilai Taksiran, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Nasabah untuk Memilih Produk Gadai Emas dengan Harga Emas sebagai Variabel Moderating (Studi Pada BSI KC Pekalongan Pemuda Periode 2021-2023). Penelitian ini membahas bagaimana biaya pemeliharaan, perkiraan nilai, kualitas pelayanan, dan harga emas mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk gadai emas syariah. Adanya variasi jumlah uang secara langsung mempengaruhi total pengeluaran, dengan asumsi bahwa uang dan produk merupakan barang yang dapat dipertukarkan. Karena harga emas dapat mengurangi dampak biaya pemeliharaan, nilai antisipasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan konsumen, maka harga emas digunakan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan konsumen dalam memilih produk gadai emas syariah. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode analisis statistik deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk mempelajari data dengan mendeskripsikan atau mengkarakterisasi data yang diterima dengan menggunakan analisis data statistik. Analisis deskriptif meliputi penghitungan persentase, rata-rata, standar deviasi, dan penyajian data berdasarkan tabel. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior yaitu teori yang memperkirakan pertimbangan dalam perilaku manusia dalam penelitian ini berarti keputusan konsumen didalam memilih produk gadai syariah. Hasil penelitian diperoleh biaya pemeliharaan, nilai taksiran berpengaruh tehadap keputusan nasabah dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 sedangkan kualitas layanan tidak berpengaruh tehadap keputusan nasabah. Namun hasil dari variabel moderasi yaitu harga emas menghasilkan bahwa harga emas dapat memoderasi nilai taksiran dan biaya pemeliharaan terhadap keputusan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, Tamamudin197910302006041018UNSPECIFIED
Thesis advisorMursid, Mansur Chadi196704211996031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Biaya Pemeliharaan, Nilai Taksiran, Kualitas Layanan, Keputusan Nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:53
Last Modified: 01 Aug 2024 07:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item