Peran guru dalam menanamkan karakter semangat kebangsaan pada kegiatan ekstrakurikuler tapak suci di MI Muhammadiyah Kecamatan Tersono Kabupaten Batang

Hidayat, Restu Ayom (2024) Peran guru dalam menanamkan karakter semangat kebangsaan pada kegiatan ekstrakurikuler tapak suci di MI Muhammadiyah Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318170_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2318170_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Karakter semangat kebangsaan memiliki nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh kembangnya kehidupan. Karakter semangat kebangsaan diwajibkan untuk ditanamkan pada setiap siswa dari usia dini bahkan sampai ketika sudah dewasa. Krisis karakter yang terjadi di negara ini disebabkan karena kerusakan individu-individu yang terjadi secara kolektifsehingga terbentuk budaya atau kebiasaan. Merosotnya nilai-nilai karakter baik pada peserta didik ditandai dengan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pendidikan karakter tidak hanya diajarkan pada saat jam mengajar di kelas namun juga diluar kelas, misalnya pada kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana peran guru dalam menanamkan karakter semangat kebangsaan pada kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di MI Muhammadiyah Tanjungsari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang?, 2. Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menanamkan karakter semangat kebangsaan pada kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di MI Muhammadiyah Tanjungsari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang?.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryanto, Andung DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Karakter Semangat Kebangsaan, Ekstrakurikuler, Tapak Suci
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:11
Last Modified: 04 Oct 2024 05:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item