Peran guru dalam penanaman sikap toleransi beragama siswa kelas V di SD Negeri 6 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Chasanah, Janatul (2024) Peran guru dalam penanaman sikap toleransi beragama siswa kelas V di SD Negeri 6 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318042_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2318042_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Toleransi beragama sangat perlu di rawat, agar tidak terjadinya perpecahan, perselisihan antara umat beragama juga terwujudnya rasa cinta sesama makhluk Allah SWT. Rasa cinta terhadap sesama makhluk Allah sangat penting di dalam toleransi karena jika tidak ada toleransi tidak akan terwujud denganbaik sebab mencintai makhluk Allah akan menghargai, mengenal juga memliki rasa kepedulian terhadap semua makhluk ciptaannya. Adapun data yang terdapat siswa non muslimnya itu rata-rata dari kelas 1-6. Dilingkungan sekolah seperti juga kawasan masyarakat, memperoleh banyak keberagaman. Siswa di sekolah cenderung di pengaruhi lingkungan keluarga dengan beragam bentuk kultur, budaya, etika serta dengan segala latar belakangnya, juga di pengaruhi oleh nilai ajaran yang di anutnya. Dalam penelitian ini penulis akan merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana peran guru dalam penanaman sikap toleransi beragama Siswa di SD Negeri 6 Kedungwuni kabupaten pekalongan ?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman sikap toleransi beragama siswa di SD Negeri 6 Kedungwuni kabupaten pekalongan ? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru dalam penanaman sikap toleransi beragama Siswa di SD Negeri 6 Kedungwuni. (2) Untuk mengetahui Apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman sikap toleransi beragama siswa di SD Negeri 6 Kedungwuni. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena secara langsung dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan pada data deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa dan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa peran yang dilakukan guru di SD N 06 Kedungwuni di antaranya menggunakan penerapan pancasila sila Ke-1, memberikan bimbingan pengarahan didalam pembelajaran, dan memberikan penjelasan tentang perayaan berbagai agama. Faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman sikap toleransi beragama di antaranya adanya faktor pendukung yang meliputi menghargai sesama dan tidak membeda-bedakan dan keingintahuan terhadap kebiasaan agama lain.kemudian faktor penghambatnya ialah sulitnya siswa memahami penjelasan perbedaan dan belum memadainya fasilitas siswa Non-Muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, Sopiah197107072000032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Toleransi Beragama
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:12
Last Modified: 07 Oct 2024 01:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10204

Actions (login required)

View Item View Item