Resitasi surah yāsīn dalam tradisi dalailan di musholla Baitul Izzah Pringlangu Kelurahan Pringrejo Kecamatan Pekalongan Barat

Izzah, Miftachul (2024) Resitasi surah yāsīn dalam tradisi dalailan di musholla Baitul Izzah Pringlangu Kelurahan Pringrejo Kecamatan Pekalongan Barat. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3117035_Cover, Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3117035_Full Texs.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Resepsi umat Islam di Indonesia terhadap Al-Qur’ān dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam. Seperti tradisi pembacaan Al-Qur’ān, wirid dan doa yang banyak berkembang di tengah masyarakat. Salah satunya adalah resitasi Surah Yāsīn Dalam Tradisi Dalailan di Musholla Baitul Izzah Pringlangu, Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Tradisi ini merupakan kegiatan rutin yang sudah lama diselenggarakan di Musholla Baitul Izzah. Penelitian ini mengeksplorasi tradisi pembacaan Surah Yāsīn dalam kegiatan Dalailan di Musholla Baitul Izzah, yang dilaksanakan setiap hari tanpa putus. Tujuan dari penelitian ini untuk meneliti; a) tradisi dan prosesi pelaksanaan resitasi Surah Yāsīn Dalam Tradisi Dalailan di Musholla Baitul Izzah Pringlangu, Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Pekalongan Barat. b) mengetahui makna bagi para jama’ah dari resitasi Surah Yāsīn Dalam Tradisi Dalailan di Musholla Baitul Izzah Pringlangu, Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Pekalongan Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara mendalam (In-Depth Interview), dan dokumentasi langsung. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan ialah teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim, tujuannya untuk mengetahui makna dari tindakan atau pemahaman tentang interaksi antara praktik religius dan konteks sosial yang lebih luas, serta kontribusinya terhadap identitas dan kohesi jama’ah. Berdasarkan hasil penelitian tradisi ini sudah berlangsung sejak lama dan memiliki tujuan untuk memohon perlindungan dari Allah SWT., diberikan ketenangan, kelancaran dalam menjalani hidup dan dijauhkan dari segala musibah. Adapun pemaknaan jika dilihat menggunakan teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim makna objektif, bahwa kegiatan ini sebagai kegiatan rutin yang sudah ada sejak lama yang diikuti oleh jama’ah Musholla Baitul Izzah. Selanjutnya untuk makna ekspresifnya adalah tradisi ini mempunyai banyak keutamaan dan manfaat, seperti media memohon perlindungan dari Allah SWT. Kemudian untuk makna dokumenter ialah makna yang tersirat atau tersembunyi yang tidak disadari oleh jama’ah atau perilaku resitasi Surah Yāsīn dalam tradisi dalailan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMisbakhudin, MisbakhudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Resitasi, Surah Yāsīn, Makna,
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X1.31 Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:42
Last Modified: 02 Oct 2024 03:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10221

Actions (login required)

View Item View Item