Persepsi mahasiswa PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan tentang aplikasi tiktok sebagai media pendidikan islam

Djunaid, Akhmad Akhim (2024) Persepsi mahasiswa PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan tentang aplikasi tiktok sebagai media pendidikan islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

TikTok aplikasi media sosial yang sebelumnya bernama Douyin, akhirnya mencapai masa keemasannya pada tahun 2022 dengan memiliki sekitar 99,1 juta pengguna dari Indonesia. Dalam sudut pandang sejarah tersebut, TikTok dianggap sebagai aplikasi hiburan yang dapat mengalihkan perhatian. Memang, TikTok lebih banyak menampilkan konten hiburan daripada pendidikan, dan kebanyakan kontennya tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam. Namun, TikTok juga dapat menjadi sarana positif dalam media pendidikan yang menarik dan efektif, terutama dalam memenuhi kebutuhan pendidikan di era digital saat ini. Tentunya, masyarakat, khususnya mahasiswa, memiliki pandangan yang berbeda-beda terkait hal ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana persepsi mahasiswa PAI UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan tentang aplikasi TikTok sebagai media pendidikan Islam? 2. Bagaimana kelebihan dan kekurangan dari menggunakan TikTok sebagai media pendidikan Islam menurut mahasiswa PAI? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 persepsi mahasiswa PAI UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan tentang aplikasi TikTok sebagai media pendidikan Islam, yaitu: 1. TikTok sebagai alat pendidikan yang tepat dan fleksibel. 2. TikTok memberikan inspirasi dalam bersosialisasi. 3. TikTok adalah aplikasi yang informatif dan menyenangkan. 4. TikTok memberikan pendidikan yang kreatif. 5. TikTok memberikan pencerahan kepada generasi muda. 6. TikTok bisa digunakan untuk hal positif dan negatif. Terdapat 2 kelebihan dari menggunakan TikTok sebagai media pendidikan Islam menurut mahasiswa PAI, yaitu: 1. TikTok memberikan akses yang mudah dan efisien dalam pendidikan Islam. 2. TikTok memberikan motivasi belajar bagi mahasiswa. Terdapat 2 kekurangan dari menggunakan TikTok sebagai media pendidikan Islam menurut mahasiswa PAI, yaitu: 1. Sulit memisahkan konten edukasi dengan konten negatif. 2. Ketidakakuratan konten yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArifin, JainulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Persepsi Mahasiswa, TikTok, Media Pendidikan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:44
Last Modified: 29 Sep 2025 02:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10224

Actions (login required)

View Item View Item