Lina, Rizqiyana (2018) Pengaruh pola interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran pai siswa kelas vii di SMP Negeri 5 taman Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Proses pendidikan banyak terjadi dalam interaksi edukatif antara guru dan siswa. Sifat interaksi ini banyak bergantung pada tindakan guru. Bagaimana reaksi siswa terhadap peranan guru dapat diketahui dari ucapan siswa tentang guru itu. Hasil belajar siswa, khususnya dalam bidang akademis, banyak bergantung pada kemampuan guru mengajar. Selainitu guru juga harus memiliki potensi pada dirinya. Karena dengan kualitas pendidik dalam pembelajaran, maka siswa akan belajar dengan sungguh-sungguh dan menghasilkan prestasi yang baik. Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini meliputi: 1) Bagaimana pola interaksi edukatif guru dengan siswa di SMP Negeri 5 Taman?, Bagaimana prestasi belajar siswa di SMP Negeri 5 Taman? dan Apakah ada pengaruh pola interaksi guru dengan siswa terhadap prestasi belajar di SMP Negeri 5 Taman?.Tujuan nya antara lain: 1) Untuk mengetahui pola interaksi edukatif guru dengan siswa dalam mata pelajaran PAI, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI, 3) Untuk mengetahui pengaruh pola interaksi edukatif antara guru dengan siswa terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran PAI. Dan manfaat penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat teoritis ialah Kegiatan penelitian akan menjadikan pengalaman yang bermanfaat untuk melengkapi pengetahuan yang telah diperoleh dibangku kuliah.Sedangkan manfaat praktis yaitu sebagai pedoman bagi guru, siswa dan penulis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi yang diteliti adalah SMP Negeri 5 Taman. Metode dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana untuk mengetahui hubungan antar dua variabel. Hasil penelitian ini adalah pertama, tingkat pola interkasi edukatif guru dengan siswa yaitu rendah, hal ini berdasarkan nilai mean pola interaksi edukatif guru dengan siswa adalah 39, nilai tersebut dalam interval 38-40 yang termasuk dalam kategori rendah. Kedua prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI kelas VII SMP Negeri 5 Taman Kabupaten Pemalang yaitu cukup, hal ini berdasarkan nilai mean prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI kelas VII adalah 84, nilai tersebut dalam interval 84-86 yang termasuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan penelitian diperoleh nilai ttest sebesar 3,672. Peneliti menguji hasil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5% dengan nilai ttabel sebesar 1,990 berarti ttes = 3,672> ttabel = 1,990, sehingga Ho ditolak, Ha diterima. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1% nilai ttabel sebesar 2,640 maka ttes= 3,672> ttabel= 2640, sehingga Ho ditolak, Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa baik perhitungan pada kesalahan 5% dan 1% memliki interpretasi sama, bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan Pola Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 5 Taman Kabupaten Pemalang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Edukatif dan Prestasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:10 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1023 |
Actions (login required)
View Item |