Peran guru bk dalam mengembangkan kontrol diri siswa kelas XI IPA di SMA Islam Ahmad Yani Batang

Noviyanti, Fani (2024) Peran guru bk dalam mengembangkan kontrol diri siswa kelas XI IPA di SMA Islam Ahmad Yani Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517027_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517027_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kontrol diri di katakan sebagai kecakapan makhluk sosial untuk mengelola dan mengendalikan diri dari perilaku sosial yang kurang pantas. Kontrol diri berhubungan dengan kemampuan individu dalam mengontrol emosi. Kontrol diri dapat diartikan suatu aktivitas pengendalian diri atau pola tindak tanduk yang dilakukan oleh seseorang untuk mengontrol diri mereka secara emosional. Tugas dari guru BK adalah mengarahkan, mengatur, dan membimbing siswa dalam menemukan potensi diri, membantu siswa dalam hal mengarahkan karir siswa sebagai bekal siswa untuk masa yang akan datang. Guru BK juga berperan dalam membimbing dan mengarahkan siswa dalam mengontrol pengendalian dirinya agar siswa lebih terkontrol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi kontrol diri siswa kelas XI IPA di SMA Islam Ahmad Yani Batang ?; (2) Bagaimana Peran Guru BK dalam mengembangkan kontrol diri siswa kelas XI IPA di SMA Islam Ahmad Yani Batang ?; (3) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kontrol diri siswa kelas XI IPA di SMA Islam Ahmad Yani Batang. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui Peran Guru BK dalam mengembangkan kontrol diri siswa kelas XI di SMA Islam Ahmad Yani Batang. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Dimana metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sumber-sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Peran Guru BK dalam mengembangkan kontrol diri siswa kelas XI IPA di SMA Islam Ahmad Yani Batang dengan mengacu pada kontrol perilaku, kontrol kognitif dan kontrol keputusan pada siswa. pada kontrol perilaku dilakukan dengan berperan sebagai motivator yang memberikan motivasi kepada siswa dan memberi mnasihat agar perilaku siswa senantiasa terkontrol. Untuk mengembangkan kontrol perilaku siswa, guru Bk bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator siswa. Serta dalam mengembangkan kontrol keputusan Guru BK menempatkan diri sebagai teman pada siswanya dan memberikan punishment pada siswa yang melanggar peraturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Kontrol Diri
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:28
Last Modified: 26 Sep 2024 02:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10239

Actions (login required)

View Item View Item