Peran guru bimbingan konseling islam dalam membangun komunikasi interpersonal siswa kelas vii di SMP Negeri 9 Pekalongan

Purba, Vinda Ameylia (2024) Peran guru bimbingan konseling islam dalam membangun komunikasi interpersonal siswa kelas vii di SMP Negeri 9 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517025_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517025_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara seorang komunikator dan seorang komunikan dalam upaya mengubah sifat, pendapat dan perilaku seseorang, karena sifatnya dialogis berupa percakapan dan arus balik yang bersifat langsung dimana komunikan pada saat itu juga yaitu pada saat komunikasi berlangsung. Fenomena yang ada di SMP Negeri 9 Pekalongan yaitu terdapat 3 siswa yang belum memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang baik, dan peran apa yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 9 Pekalongan dalam membangun komunikasi interpersonal siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Pekalongan ?; bagaimana peran guru bimbingan konseling islam dalam membangun komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pekalongan ?. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui Peran Guru Bimbingan Konseling Islam Dalam Membangun Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 9 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan dalam analisis, penelitian mengacu pada hasil wawancara dengan informan. Hasil penelitian diketahui bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam membangun komunikasi interpersonal siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Pekalongan yaitu organisator, informator, evaluator, mediator, fasilitator, inisiator, director, serta motivator. komunikasi interpersonal siswa kelas VII belum semuanya terbentuk. Penyebab belum terbentuknya komunikasi interpersonal siswa yaitu belum adanya keterbukaan, empati, support, sikap positif, serta kesetaraan dalam membangun komunikasi interpersonal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, NadhifatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan Konseling Islam, Komunikasi Interpersonal
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:25
Last Modified: 19 Sep 2024 02:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item View Item