Pola bimbingan islami dalam membentuk akhlakul karimah (studi pada film animasi “omar dan hana” episode belajar bersabar, mari ucapkan salam dan ada pencuri)

Mufidah, Nila Shinta Aji (2024) Pola bimbingan islami dalam membentuk akhlakul karimah (studi pada film animasi “omar dan hana” episode belajar bersabar, mari ucapkan salam dan ada pencuri). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517100_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517100_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pola bimbingan Islam memiliki peran penting dalam membentuk akhlakul karimah, pada individu, terutama dalam konteks bimbingan untuk anak-anak.film “Omar dan Hana” menjadi representasi yang relevan dalam mengeksplorasi tema ini melalui episode, yaitu “belajar bersabar”, “mari ucapkan salam”, dan “ada pencuri”. Pada episode belajar bersabar mengajarkan bahwa pentingnya kesabaran. Episode mari ucapkan salam, mengajarkan untuk selalu mengucapkan salam. Dan ada pencuri yaitu untuk selalu berhuznudzan. Akhlakul karimah terdiri atas 2 macarm yaitu Akhlak terhadap Allah dan juga akhlak terhadap manusia Skripsi ini mengulas permasalahan terkait pola bimbingan Islami dan akhlakul karimah . Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang pola bimbingan islami dalam film animasi “Omar dan Hana” (episode belajar bersabar, mari ucapkan salam dan ada pencuri) serta mengetahui apasaja akhlakul karimah yang diajarkan dalam film animasi “Omar dan Hana” (episode belajar bersabar, mari ucapkan salam da nada pencuri). Kegunaan penelitian ini untuk memahami dan menganalisis pola bimbingan islami dalam membentuk akhlakul karimah (studi pada film animasi “Omar dan Hana” episode belajar bersabar, mari ucapkan salam dan ada pencuri. Jenis penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber terkait. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola bimbingan islami dalam membentuk akhlakul karimah, di antaranya pola tersebut yaitu sebagai berikut, memberikan contoh/role model, nasihat, perkataan yang baik/ lemah lembut dan juga pola pembiasaan. Adapun akhlakul karimah dalam film tersebut, terdiri dari: akhlak terhadap Allah dan akhlak terhadap sesama manusia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa film animasi Omar dan Hana ini bukan hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai edukasi atau bimbingan Islam yang dapat membimbing individu dalam menghadapi tantangan hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Bimbingan Islam, Akhlak, Film Animasi Omar dan Hana.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:19
Last Modified: 27 Sep 2024 08:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10254

Actions (login required)

View Item View Item