Nilai-nilai bimbingan islami dalam film sang pencerah karya Hanung Bramantyo

Mardiyana, Miftah (2024) Nilai-nilai bimbingan islami dalam film sang pencerah karya Hanung Bramantyo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517014_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517014_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Untuk memperbaiki pudarnya nilai-nilai agama Islam, didalam bimbingan dapat menggunakan media berupa audio-visual atau dengan film. Film bisa berdampak pada kejiwaan individu. Film dapat mensugesti seseorang dalam berperilaku maupun cara berfikir. Film dapat “merefleksikan” masyarakat. Film Sang Pencerah dapat menjadi media Bimbingan Islami sesuai dengan upaya memperbaiki nilai-nilai agama Islam karena mengandung nilainilai bimbingan Islami didalam perjuangan Kiai Ahmad Dahlan pembaharuan agama Islam yang Kaffah. Di Tahun 2010 pada Jakarta International Film Festival, film ini menang kategori film terpuji dan penghargaan khusus juri. Pendapatan kotor dari film ini sebanyak Rp. 16,7 miliar. Keberhasilan Sang Pencerah terbukti dari jumlah penonton yang mencapai 1,3 juta penonton. Maka sangat menarik untuk dijadikan sebuah penelitian perihal nilai-nilai bimbingan Islami dalam sebuah film, untuk itu penelitian ini berjudul “Nilai-Nilai Bimbingan Islami Dalam Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo” Rumusan masalahnya sebagai berikut: a. Bagaimana bentuk-bentuk bimbingan islami dalam film sang pencerah karya hanung bramantyo?. b. bagaimana nilai-nilai bimbingan islami dalam film sang pencerah karya hanung bramantyo?. Tujuan dari penelitian ini: a. Untuk mengetahui bentuk-bentuk bimbingan islami pada film. b. Untuk mengetahui nilai-nilai bimbingan islami dalam film. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, Pendekatan penelitian ini adalah studi pustaka (Library research) dengan mengumpulkan data dari dokumen, berupa buku atau literatur lain yang valid sebagai sumber data yang diolah serta dianalisis. Dengan teknik analisis Content analysis atau analisis isi, langkahnya dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Bentuk-Bentuk Bimbingan Islami Dalam Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo, meliputi: 1) Pengajian. 2) Khotbah. 3) Bimbingan keagamaan. Semuanya telah sesuai dengan teori bentuk-bentuk bimbingan Islam yang dijabarkan oleh Al-khuly. 2. Nilai-Nilai Bimbingan Islami Dalam Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo, yaitu: 1) Adanya Nilai Akhlak yaitu: a. Sabar. b. Sopan santun dalam perbuatan dan perkataan. c. Tolong menolong. d. Menghargai perbedaan pendapat.2). Nilai akidah yaitu: a. Larangan menyekutukan Allah. b. Berserah kepada Allah. 3) Nilai Syariah yaitu: a. Shalat. b. Haji.c. Menikah. 4) Nilai Muamalah yaitu: a. Sedekah. b. Infak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayatullah, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Bimbingan Islami, Film Sang Pencerah
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:49
Last Modified: 27 Sep 2024 07:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10255

Actions (login required)

View Item View Item