Pelaksanaan bimbingan rohani islam dalam mengembangkan resiliensi pada lansia di RPSBM kota Pekalongan

Agustin, Afidatul Mahila (2024) Pelaksanaan bimbingan rohani islam dalam mengembangkan resiliensi pada lansia di RPSBM kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517062_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517062_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rumah Perlindungan Sosial Berbasis Masyarakat Kota Pekalongan merupakan salah satu lembaga yang menerapakan Konseling Spiritual untuk lansia. Karena waktu memasuki masa lanjut usia terkadang para lansia mengalami berbagai perubahan, baik itu dari dalam diri lansia maupun dari lingkungan sekitar seperti pasangan ataupun keluarga, karena para lansia membutuhkan dukungan sosial keluarga untuk menjalani kehidupannya di hari tua. Skripsi ini mengulas permasalahan terkait kondisi resiliensi lansia di rpsbm kota pekalongan dan pelaksanaan bimbingan rohani islam di rpsbm kota pekalongan. Tujuan pnelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi resiliensi lansia di rpsbm kota pekalongan, serta mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan rohani islam dalam mengembangkan resiliensi lansia di rpsbm kota pekalongan. Kegunaan penelitian ini untuk memahami dan menganalisis kondisi resiliensi lansia dan pelaksanaan bimbingan rohani islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu, pertama kondisi resiliensi lansia di RPSBM Kota Pekalongan berbeda-beda dilihat dari komponen regulasi emosi, pengendalian impuls, optimisme, analisis kausal, empati, efikasi diri dan reaching out. Kedua, pelaksanaan bimbingan rohani islam dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, metode menirukan, metode praktek, dan metode menakut-nakuti jamaah sebagai rujukannya, dilaksanakan setiap hari senin dan kamis. Dari ke empat lansia 3 lansia dengan resiliensi yang bagus dan 1 lansia menunjukkan bahwa beberapa komponen resiliensi menunjukkan hasil yang buruk. Bimbingan rohani islam dapat mengembangkan resiliensi pada lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZuhri, AmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam, Resiliensi Lansia
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:19
Last Modified: 27 Sep 2024 08:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item View Item