Bimbingan klasikal berbasis islam dalam mencegah perilaku membolos

Livia, Griselda (2024) Bimbingan klasikal berbasis islam dalam mencegah perilaku membolos. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520090_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3520090_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Permasalahan membolos yang dialami oleh SMP N 1 Karanganyar dalam bentuk beragam. Membolos yang pernah dialami oleh siswa SMP N 1 Karanganyar seperti tidak masuk sekolah tanpa izin, tidak masuk pada saat jam pelajaran sedang berlangsung, berhari-hari tidak masuk sekolah tanpa izin. Sedangkan faktor yang mempengaruhi siswa membolos yaitu kurangnya motivasi belajar, sikap orang tua yang masa bodo terhadap sekolah anak, tidak senang dengan guru tertentu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bimbingan klasikal dalam mencegah perilaku membolos siswa SMP N 1 Karanganyar? dan bagaimana perilaku membolos siswa SMP N 1 Karanganyar. kegunaan dari penelitian ini menjadi bahan pengetahuan dan keilmuan dalam bidang Bimbingan Penyuluhan Islam. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penlelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan klasikal berbasis Islam dalam mencegah perilaku membolos dengan tahapan seperti tahap awal yaitu pembukaan dan doa, tahap inti yaitu memberikan materi tentang membolos dengan menggunakan sumber Al-Qur‟an, Hadits dan kisah teladan nabi, dan tahap akhir yaitu mengapresiasi siswa serta mengucapkan hamdalah sebagai tanda syukur berakhirnya kegiatan. Metode yang digunakan yaitu nasehat (Mauidhotul Khasanah), penyadaran dan pengawasan. Bimbingan ini merupakan salah satu cara yang di lakukan oleh Guru BK dalam mencegah perilaku membolos siswa SMP N 1 Karanganyar. Setelah siswa diberikan bimbingan klasikal mengenai mencegah perilaku membolos sudah berhasil dengan ditandai tidak di temukannya siswa membolos lagi. Perilaku membolos siswa antara lain tidak masuk sekolah tanpa izin, tidak masuk pada mata pelajaran tertentu dan berhari-hari tidak masuk sekolah. Faktor penyebab siswa membolos yaitu kurangnya motivasi belajar, sikap orang tua yang tidak peduli terhadap sekolah anak dan tidak senang dengan guru tertentu. Ciri-ciri siswa membolos yaitu sering absen tanpa alasan yang jelas. Setelah pelaksanaan bimbingan klasikal dalam mencegah perilaku membolos yaitu terdapat perubahan yang ditunjukan dari adanya motivasi belajar, rajin berangkat sekolah, saling berinteraksi antara guru dengan siswa, sudah tercegah dari perbuatan membolos seperti mengajak teman-teman yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhi, Rifa'i198907242020121010-
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal, Perilaku Membolos,
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:39
Last Modified: 18 Sep 2024 04:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10265

Actions (login required)

View Item View Item