Strategi guru bimbingan konseling dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di SMKN 1 Karangdadap

Maulidya, Ginar (2024) Strategi guru bimbingan konseling dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di SMKN 1 Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3519076_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3519076_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bimbingan konseling memiliki peran sentral dalam membantu individu mengatasi berbagai tantangan dan mengembangkan potensi. Penyalahgunaan narkoba akhir-akhir ini dirasakan semakin meningkat, kebanyakan pelaku penyalahgunaan narkoba adalah remaja. Guru bimbingan konseling memiliki strategi-strategi dalam mencegah penyalahgunaan narkoba yang berpotensi masuk ke lingkungan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pencegahan penyalahgunaan narkoba di SMKN 1 Karangdadap? bagaimana strategi guru Bimbingan Konseling dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di SMKN 1 Karangdadap?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pencegahan penyalahgunaan narkoba di SMKN 1 Karangdadap dan strategi guru Bimbingan Konseling dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di SMKN 1 Karangdadap. Kegunaan dari penelitian ini menjadi bahan pengetahuan dan keilmuan dalam bidang Bimbingan Penyuluhan Islam. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif dengan pendekatan metode psikologis. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pencegahan penyalahgunaan narkoba di SMKN 1 Karangdadap. Terdapat beberapa jenis pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh guru BK diSMKN 1 Karangdadap, yaitu pencegahan primer dan pencegahan sekunder. Strategi guru BK dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di SMKN 1 Karangdadap meliputi bimbingan klasikal dan berkolaborasi dengan BNN Batang dan Polres Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFarmawati, Cintami198608152019032009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Bimbingan Konseling, Narkoba
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:45
Last Modified: 19 Sep 2024 02:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item View Item