Analisis jurnalistik terhadap sajian berita keagamaan pada website dinkominfo kota Pekalongan

Febriani, Irva (2024) Analisis jurnalistik terhadap sajian berita keagamaan pada website dinkominfo kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419046_BAB 1 & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3419046_FULL TEXT..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Jurnalistik merupakan sebuah kegiatan bidang kajian, mencari, mengolah dan menyebarkan informasi melalui media massa. Kegiatan jurnalistik saat ini banyak dibutuhkan untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi, tidak terkecuali informasi tentang keagamaan. Oleh karenanya, tidak hanya perusahaan media saja yang memberikan informasi mengenai keagamaan dalam kehidupan masyarakat. Namun juga instansi pemerintah yang mempunyai peran dalam pengelolaan informasi publik juga melakukannya. Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan misalnya, dengan memiliki tim liputan tersendiri Dinas Kominfo memberikan sajian berita keagamaan melalui kegiatan jurnalistik yang dilaksanakan dan selanjutnya diunggah pada website pekalongankota.go.id. Fokus penelitian ini adalah pada tahapan peliputan, mengolah dan publikasi berita serta peluang dan kekuatan pemberitaan khususnya berita keagamaan pada sajian website Dinas Kominfo Kota Pekalongam. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif Field Research atau penelitian lapangan. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Muhammad Ali, yaitu reduksi data, display atau sajian data dan verikasi atau penyimpulan data. Pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi di lapangan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa proses pemberitaan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan dilakukan oleh tim liputan dengan tahapan mencari, meliputan, mengolah dan menyebarluaskan berita. Meski bekerja di instansi pemerintah, namun tim liputan tidak hanya bertugas menyebarkan informasi layaknya seorang humas, namun juga melakukan peliputan dengan berbagai tema berita, seperti pemerintahan, pendidikan dan keagamaan.Berita yang sudah diolah akan disebarkan ke perusahaan media yang bekerjasama dan akan dinggah ke website Dinkominfo, pekalongankota.go.id. Dinkominfo Kota Pekalongan selalu berupaya konsisten dalam menggunggah dan memberitakan sajian berita yang bersifat membangun khususnya dalam bidang keagamaan, agar berdampak positif bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukoyimah, MukoyimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Jurnalistik, Berita Keagamaan, Dinas Kominfo Kota Pekalongan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.6 Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 600 Miscellany of Technology and Applied Sciences (Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan) > 607.4 Education and Related Topics of Technology and Applied Sciences in Specific Localities/ Pendidikan dan Topik Terkait di Bidang Teknologi dan Ilmu Terapan di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:36
Last Modified: 12 Sep 2024 04:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10289

Actions (login required)

View Item View Item