Dzikriyatul, Fikriyah (2018) Nilai-nilai pendidikan toleransi beragama dalam surat al-kafirun: kajian tafsir al-misbãh. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Toleransi merupakan masalah yang sangat krusial di masyarakat yang seharusnya ditanam dan dipupuk dalam kehidupan yang kebinekaan. Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar dengan keanekaragaman suku, ras dan adat istiadat, seharusya dapat menjunjung tinggi toleransi agar menjadi tauladan yang baik bagi umat beragama lainnya agar dapat terbentuk kerukunan dan toleransi beragama. Tafsir al-Misbah merupakan karya seorang ulama nusantara yang merupakan bagian dari masyarakat dalam negara Indonesia tentunya memiki peran penting dalam menyelasaikan permasalahan tersebut. Bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang saling memahami perbedaan dan saling menghormati hingga terbentuk kerukunan dalam kemajemukan di Indonesia. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang diatas adalah pertama, Apa isi kandungan surat Al-Kafirun dalam tafsir Al-Misbah. Kedua, Apa saja nilai-nilai pendidikan toleransi beragama surat Al-Kafirun kajian Tafsir Al-Misbah. Ketiga, Bagaimana aktualisasi nilai-nilai pedidikan toleransi beragama dalam surat Al-Kafirun kajian tafsir Al-Misbah? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan (Library research), teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Content Analysis, yakni investigasi tekstual melalui analisis ilmiah terhadap isi peran suatu komunikasi, khususnya isi peran komunikasi yang terungkap dalam media cetak atau buku. Hasil penelitiannya adalah Nilai-nilai pendidikan toleransi adalah sebagai berikut: Pertama, Nilai pendidikan agama, yakni keimanan sebagai asas kebenaran tunggal dalam beragama. Dalam tafsir Al-Misbah ini tidak membenarkan suatu sikap beragama yang menyamakan kebenaran semua agama atau banyak menganut agama-agama. Sikap seperti ini dapat membawa pada toleransi kebablasan yang mengakibatkan konflik intern maupun ekstern agama. Kedua, Nilai pendidikan toleransi beragama, yang memuat kebebasan menentukan pilihan agama: Umat Islam di Indonesia saat ini menempati posisi sebagai kelompok mayoritas. Meski demikian tidak boleh bagi umat Islam mempengaruhi dengan cara menunjukkan superioritas agar pemeluk agama lain mengikuti kehendaknya. Karena pada dasarnya untuk masuk atau mengikuti Islam sebenarnya atas hidayah dari Allah SWT. Nilai pendidikan toleransi di sini ialah memberikan kebebasan pada umat nonmuslim atas keinginannya dalam memeluk agama pilihannya, kemudian mengakuinya sebagai pluralitas kehidupan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendikan, Toleransi Beragama, Surat Al-Kafirun, Tafsir Al-Misbah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:10 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1029 |
Actions (login required)
View Item |