Perjalanan hijrah kiki brigez dalam novel “otw masjid” karya Hilman Indrawan (studi analisis wacana model Teun A. Van Djik)

Amin, Mukhammad Naufal (2024) Perjalanan hijrah kiki brigez dalam novel “otw masjid” karya Hilman Indrawan (studi analisis wacana model Teun A. Van Djik). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3417129_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3417129_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3417129_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Novel 'OTW Masjid' karya Hilman Indrawan merupakan sebuah karya sastra yang menghadirkan perjalanan salah satu karakternya adalah Kiki Brigez, dalam menemukan makna hidup dan agamanya. Kiki Brigez digambarkan sebagai seorang pemuda yang menjalani kehidupan dengan berbagai pergulatan batin dan konflik internal. Melalui proses perjalanan hidupnya, Kiki Brigez mengalami transformasi yang signifikan, khususnya dalam konteks pencarian makna spiritual dan kehidupan yang lebih bermakna. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti melakukan penelitian di Novel “OTW Masjid” Karya Hilman Indrawan sebagai objek penelitian. Adapun rumusan masalahnya, yakni: 1.Bagaimana Perjalanan hijrah Kiki Brigez digambarkan dalam novel “OTW Masjid” Karya Hilman Indrawan? 2. Apa saja perubahan nilainilai islami yang terjadi pada Kiki Brigez dalam konteks novel “OTW Masjid” Karya Hilman Indrawan? Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perjalanan hijrah Kiki Brigez digambarkan dalam novel “OTW Masjid” Karya Hilman Indrawan. 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apa saja perubahan nilai-nilai islami yang terjadi pada Kiki Brigez dalam konteks novel “OTW Masjid” Karya Hilman Indrawan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis wacana model teun A. Van Djik yang dimana akan meneliti struktur wacana, konteks sosial dan kognisi sosial yang terdapat pada novel “OTW Masjid” Karya Hilman Indrawam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), karena penelitian ini berlangsung dengan buku-buku yang mendukung dalam penelitian ini. Dan sumber data primer yaitu novel “OTW Masjid” Karya Hilma Indrawan. Adapun sumber data sekundernya yaitu buku, jurnal atau catatan lain yang dapat menunjang data-data primer dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian, kesimpulan yang didapat oleh peneliti yaitubahwa kisah Kiki ini berawal dari seorang geng motor didaerah Bandung. Geng motor itu bernama Brigez yang dimana seperti perilaku geng motor pada umumnya yang erat dekat dengan tawuran, narkoba dan minuman keras. Singkat cerita ketika ayahnya meninggal, Kiki merasa kehilangan, karena semua perbuatannya selalu diselesaikan oleh ayahnya. Kiki pun terpuruk hampir mengakhiri hidupnya, akhirnya Kiki tersadar dan bertobat kepada Allah. Dan membentuk geng motor tersebut menjadi ormas keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayatullah, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hijrah, Analisis Wacana.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:53
Last Modified: 12 Sep 2024 03:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10291

Actions (login required)

View Item View Item