Analisis nilai moderasi beragama dalam novel rantau 1 muara karya Ahmad Fuadi

Albab, Muhammad Ulil (2024) Analisis nilai moderasi beragama dalam novel rantau 1 muara karya Ahmad Fuadi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419114_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3419114_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Masih banyaknya konflik kekerasan yang terjadi di Indonesia, bahkan di dunia seperti peristiwa kekerasan pada 11 September tahun 2001 di gedung tinggi WTC New York yang digambarkan dalam novel Rantau 1 Muara, maka perlu penelitian untuk menyelesaikannya. Selain itu belum adanya penelitian yang melakukan kajian novel yang membahas tentang moderasi beragama, membuat peneliti berusaha untuk penelitian mendalam. Penelitian ini dilakukan sebagai satu usaha untuk menciptakan pribadi yang berkarakter dengan nilai-nilai moderasi beragama demi terwujudnya Islam yang damai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran umum novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi dan bagaimana indikator moderasi beragama diterapkan di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa dalam novel Rantau 1 Muara digambarkan beberapa indikator moderasi beragama yang diterapkan oleh tokohtokohnya. Indikator moderasi beragama tersebut sebagai salah satu wujud dari pelaksanaan moderasi beragama yang dilakukan demi terciptanya manusia yang beragama secara damai dan seimbang. Adapun indikator moderasi beragama yang tergambar di dalamnya mencakup sikap komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodatif terhadap budaya lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfad, M. NajmulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Novel, Moderasi Beragama, Analisis Isi.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:39
Last Modified: 12 Sep 2024 03:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10294

Actions (login required)

View Item View Item