Strategi guru pai dalam memotivasi belajar siswa kelas x jurusan rpl SMK Islam Bojong

Putri, Winda (2018) Strategi guru pai dalam memotivasi belajar siswa kelas x jurusan rpl SMK Islam Bojong. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kegiatan belajar mengajar dapat terjadi apabila siswa ada perhatian dan dorongan terhadap stimulus belajar. Motivasi memang merupakan faktor yang mempunyai arti penting bagi seorang anak didik. Apalah artinya anak didik pergi kesekolah tanpa motivasi untuk belajar. Menjadi tugas penting dunia pendidikan, khususnya guru agamauntuk menjalankan perannya harus berupaya dan mempunyai strategi menimbulkan dan mempertahankan perhatian dan dorongan siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)bagaimana motivasi belajar PAI siswa kelas X jurusan RPL SMK Islam Bojong, 2) bagaimana strategi yang diterapkan Guru PAI dalam memotivasi belajar siswa kelas X jurusan RPL SMK Islam Bojong, 3) bagaimana faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru PAI dalam memotivasi belajar siswa kelas X jurusan RPL SMK Islam Bojong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)motivasi belajar PAI siswa kelas X jurusan RPL SMK Islam Bojong, 2) strategi yang diterapkan Guru PAI dalam memotivasi belajar siswa kelas X jurusan RPL SMK Islam Bojong, 3) faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru PAI dalam memotivasi belajar siswa kelas X jurusan RPL SMK Islam Bojong. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian mengumpulkan data, memilah dan menarik kesimpulan dari hasil data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi motivasi belajar siswa kelas X Jurusan RPL SMK Islam Bojong cukup baik. Mayoritas anak mengikuti pembelajaran dan kegiatan disekolah dengan baik. Meskipun ada satu atau dua yang tidak mengikuti kegiatan disekolah. Adapun strategi yang dilakukan oleh guru PAI SMK Islam Bojong dalam memotivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan pendekatan individual, metode pembelajaran yang bervariasi yaitu; metode ceramah, metode diskusi dan tanya jawab, metode power point, metode demonstrasi, metode pembelajaran aktif, metode berkisah dan metode hafalan serta metode penugasan. Reward dan punishment serta adanya kegiatan ekstrakulikuler. Media pembelajaran yang digunakan adalah media power point, media gambar, media manekuin untuk sholata jenazah, miniatur tatacara haji. Sarana prasaranya adalah LCD+Proyektor, Masjid As-Sya’ban Bojong dan lapangan. Untuk faktor pendukungnya adalah dukungan dari yayasan As-Sya’ban Bojong, kerjasama dari berbagai pihak. Untuk faktor penghambatnya adalah dari dalam diri individu siswa dan faktor intern keluarga siswa selain itu adaalh strategi guru dalam memotivasi belajar siswa yang kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutammam, MutammamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:10
Last Modified: 10 Nov 2020 03:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item