Alfa, Putri (2018) Upaya guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa kelas VII SMP N 12 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Di zaman yang sudah semakin menua ini, pesatnya berkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan kian meningkat. Namun ketika kita melihat realitas, justru perkembangan akhlak para generasi penerus semakin merosot. Dimana merendahnya moral anak-anak khususnya adalah remaja. Budaya saling tegur sapa, berjabat tangan saat bertemu kiranya sudah menjadi hal asing yang sudah jarang sekali dilakukan oleh para remaja zaman sekarang. Menjadi tugas penting dunia pendidikan, khususnya adalah seorang guru Agama untuk menjalankan perannya dengan paling tidak mengurangi atau mencegah agar hal-hal negatif itu tidak terjadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kondisi akhlak siswa kelas VIII SMP N 12 Pekalongan, 2) bagaimana upaya guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa kelas VIII SMP N 12 Pekalongan dan yang ke 3) bagimana faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa SMP N 12 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kondisi akhlak siswa kelas VIII SMP N 12 Pekalongan, 2) upaya guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa kelas VIII SMP N 12 Pekalongan, 3) faktor pendukung dan faktor penghambat guru PAI dalam membina akhlakul karimah siswa kelas VIII SMP N 12 Pekalongan Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dengan mengumpulkan data, memilah dan menarik kesimpulan dari hasil data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kondisi akhlak siswa kelas VIII SMP N 12 Pekalongan cukup baik. Mayoritas anak mematuhi aturan yang diberlakukan disekolah. Meskipun masih ada satu atau dua anak yang masih melanggar aturan. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru PAI SMP N 12 Pekalongan adalah dengan menggunakan dua pendekatan dan empat metode yaitu pendekatan klasikal dan pendekatan perseorangan. Pendekatan klasikal meliputi metode keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat dan beberapa program yang mendukung. Pendekatan perseorangan meliputi pemberian nasihat dan pemberian peringatan. Untuk faktor pendukungnya adalah kerjasama yang baik anatar seluruh pihak yang terkait dan sarana prasarana yang cukup memadai. Faktor penghambatnya adalah rendahnya motivasi dan kesadaran siswa juga latar belakang keluarga dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:10 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1031 |
Actions (login required)
View Item |