Representasi moderasi beragama dalam artikel “melihat toleransi nyata di Tana Toraja” pada portal arina.id.

Maulana, Didik (2024) Representasi moderasi beragama dalam artikel “melihat toleransi nyata di Tana Toraja” pada portal arina.id. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3417135_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3417135_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3417135_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki kekayaan budaya dan agama yang beragam. Keberagaman ini, meskipun menjadi kekuatan, juga menimbulkan tantangan dalam menjaga harmoni sosial dan religius di tengah masyarakat. Moderasi beragama menjadi sangat penting dalam situasi ini, mengingat pentingnya menjaga keseimbangan antara keyakinan agama dan toleransi terhadap perbedaan. Media massa memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk pandangan dan sikap publik mengenai moderasi beragama, salah satunya Media Arina.id. oleh karena itu Arina.id memberikan pengetahuan mengenai pandangan dalam moderasi beragama masyarakat melalui artikel-artikel di portalnya, salah satu artikelnya yaitu “Melihat Toleransi Nyata di Tana Toraja”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi moderasi beragama dalam artikel "Melihat Toleransi Nyata di Tana Toraja" yang dipublikasikan di Portal Arina.id. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk, yang mencakup analisis teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa artikel tersebut berhasil merepresentasikan moderasi beragama secara positif melalui penggunaan bahasa yang inklusif, pemilihan diksi yang positif, narasi yang meyakinkan, serta detaildetail yang menggambarkan praktik toleransi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Tana Toraja. Artikel ini tidak hanya memberikan informasi faktual, tetapi juga secara aktif membangun makna dan pandangan positif tentang moderasi beragama, sehingga dapat menjadi contoh bagi media daring lainnya dalam mempromosikan nilai-nilai toleransi dan kerukunan antarumat beragama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Arina.id berhasil membangun wacana moderasi beragama yang positif melalui artikel "Melihat Toleransi yang Nyata di Tana Toraja". Artikel ini tidak hanya melaporkan fakta, tetapi juga menginterpretasikan dan membangun makna yang sesuai dengan tujuan media untuk mempromosikan moderasi beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukoyimah, MukoyimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Toleransi, Analisis Wacana Kritis, Teun A. Van Dijk, Arina.id
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:57
Last Modified: 12 Sep 2024 02:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10329

Actions (login required)

View Item View Item