Pelaksanaan pembinaan agama islam dalam membentuk resiliensi warga binaan lembaga pemasyarakatan kelas II A Pekalongan

Pratiwi, Putri Yunisa (2024) Pelaksanaan pembinaan agama islam dalam membentuk resiliensi warga binaan lembaga pemasyarakatan kelas II A Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520094_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3520094_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam melawan permasalahan, setiap individu pasti mempunyai kemampuan menerima diri yang berbeda-beda. Tingkat penerimaan diri seseorang individu, keinginan agar mampu menyesuaikan diri dengan keadaan, dan kemampuan untuk bangkit dari keadaan terpuruk pada setiap orang berbeda-beda. Warga binaan perlu mengerti keberadaanya dalam lingkungan di rumah tahanan. Untuk mencapai itu warga binaan membutuhkan pembinaan agama islam melalui proses dan mendalami ajaran agama islam Dengan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Resiliensi Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekalongan?, Bagaimana Pelaksanaan Pembinaan Agama Islam Dalam Membentuk Resiliensi Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekalongan?. Tujuan dari adanya penelitian Untuk mengetahui Resiliensi Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekalongan. Untuk mengetahui Pelaksanaan Pembinaan Agama Islam Dalam Membentuk Resiliensi Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekalongan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat teoritis dan manfaat praktis. Peneltian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan. Dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dianalisis dengan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembinaan agama islam di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekalongan mampu mewujudkan adanya Resiliensi pada warga binaan melalui proses pembinaan agama islam. Dengan melalui beberapa tahapan kajian islami ditandai dengan warga binaan mulai belajar menerima kenyataan, percaya diri akan masa depan yang baik, tidak mengulangi kesalahan yang sama, mengontrol emosi, adaptasi dilingkungan baru, hidup sesuai aturan agama, sadar akan kesalahan yang sudah diperbuat, mau belajar untuk memperbaiki diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAl Amin, M. Fuad198604152015031005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Agama Islam, Resiliensi
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:27
Last Modified: 26 Sep 2024 02:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10330

Actions (login required)

View Item View Item