Bimbingan agama islam untuk menerapkan pola hidup bersih santri pasca covid-19di pondok pesantren Syafi’i Akrom

Khusna, Marisatul (2024) Bimbingan agama islam untuk menerapkan pola hidup bersih santri pasca covid-19di pondok pesantren Syafi’i Akrom. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517088_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3517088_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3517088_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang ikut terjangkit virus corona sehingga mengalami pandemi. Dampak dari masuknya penyebaran virus ini sangat berpengaruh ke berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari segi kesehatan, sosial, ekonomi, agama maupun pendidikan. Dampak dari penularan virus ini juga sudah amat sangat memprihatinkan karna sudah menjangkiti banyak manusia dari bayi, anak, dewasa hingga lansia. Bahkan pemerintah sempat menghimbau untuk meliburkan semua lembaga pendidikan karna penularannya sangat cepat sekali. Tak hanya di Sekolah. Kondisi pesantren di Indonesia juga ikut terdampak virus ini. Bimbingan agama Islam dalam penerapan pola hidup bersih santri sangat diperlukan agar berkurangnya korban yang tepapar virus tersebut. Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "Bimbingan Agama Islam Untuk Menerapkan Pola Hidup Bersih Santri pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Syafi'i i Akrom." Focus penelitian ini diantaranya: (1) Bagaimana proses bimbingan agama Islam dalam penerapan pola hidup bersih Pondok Pesantren Syafi‟i Akrom Kota Pekalongan?. (2) Bagaimana pola hidup bersih santri pada masa pandemi covid19?. Penelitian ini menggunakanakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field Research). Dimana metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sumber-sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Bimbingan tentang kesadaran akan kebersihan perlu dilakukan seperti perlunya mencuci tangan sebelum kegiatan belajar mengajar, bersuci dengan tertib dan baik, kebersihan makanan, serta mendapatkan sirkulasi udara & cahaya yang cukup di lingkungan pondok pesantren. Dan harapnya melalui bimbingan konseling Islam ini semoga fitrah yang dikaruniakan Allah kepada individu bisa berkembang dan berfungsi dengan baik. Sehingga menjadi pribadi kaaffah, dan pada akhirnya diharapkan mereka bisa hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorQomariyah, QomariyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam, Pola Hidup Bersih, Covid-19
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:27
Last Modified: 27 Sep 2024 07:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item