Sarah, Nok (2018) Pelaksanaan metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari hasil observasi dan wawancara di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan bahwasanya meskipun sekolah berstatus negeri yang terbatas waktu pembelajaran Pendididikan Agama Islam (PAI) tetapi siswa-siswinya bisa dikatakan memiliki akhlak yang baik. Dari hasil observasi di lapangan, ternyata di sekolah ini menerapkan suatu metode pembiasaan rutin guna pembinaan akhlak siswa. Oleh karena itu, peneliti bermaksud melakukan penelitian terkait pelaksanaan metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? Tujuan penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat Pelaksanaan metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini ada 2, yaitu secara teoritis dan praktis. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan informasi tentang pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Secara praktis, penelitian ini salah satunya dapat dijadikan bahan masukan bagi SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan agar dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan pelaksnaan metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengambilan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni sudah baik dan terprogram. Metode pembiasaan yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan rutin harian yang meliputi metode pembiasaan dalam senyum salam sapa salim sopan dan santun (6S), pembiasaan dalam pengibaran dan penghormatan kepada bendera merah putih, pembiasaan tadarus al-Qur’an, pembiasaan literasi sekolah, pembiasaan salat dhuha berjam’ah, dan pembiasaan salat dhuhur berjama’ah. 2) faktor pendudukung dalam pelaksanaan metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa meliputi, adanya kesadaran dalam diri siswa, teladan dalam diri guru, metode pembelajaran, kerja sama dan dukungan warga sekolah, sarana dan prasaran serta kegiatan pendukung. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi, terbatasnya waktu, penyalahgunaan handphone, lingkungan siswa, latar belakang study yang berbeda-beda dan terbatasnya pengawasan pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan , Pembinaan Akhlak Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:10 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1034 |
Actions (login required)
View Item |