Astiti, Niken (2024) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelas B TK Tunas Harapan Kalipancur. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2420022_COVER_BABI & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2420022_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang mengajarkan seorang anak bagaimana berperilaku baik dalam situasi sosial dan dengan orang lain. Dalam kelompok tersebut, orang dewasa mempunyai insentif yang kuat untuk meningkatkan pendidikan anak-anak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh susuh orang tua yang ada diTK Tunas Harapan Kalipancur yang berdampak terhadap perkembangan sosial emosional anak. berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tunas harapancur. Terlihat jelas bahwa orang tua seringkali mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap tumbuh kembang anaknya, yang berbeda dengan anak lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor individu terhadap perkembangan emosional dan sosial anak kelas B di Tunas Harapan Kalipancur. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Ex-Post Facto. Populasi dan besar sampel TK Tunas Harapan Kalipancur adalah seluruh individu. Alat pengumpul data primer menggunakan angket. Anak diberikan angket perkembangan sosial emosional, sedangkan orang tua diberikan angket pola asuh. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan analisis untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Analisis data selanjutnya menggunakan analisis garis regresi yang didahului dengan analisis sensitivitas yang menggabungkan analisis linier dan nonlinier. Tingkat signifikansi yang ditetapkan adalah 0,05 (5%) dan aplikasi SPSS 16.0 For Windows digunakan untuk membantu hal ini. Hasil penelit ini adalah ada peningkatan perkembangan sosial emosional anak kelas B TK Tunas Harapan Kalipancur. berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh rata-rata skor regresi liner kurang lebih sebesar 60,840 dan pemurunan sebesar 0 pada 2-tailed. nilai kurang dari 0,05 (5%). Artinya Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan variabel pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional dan sosial anak (Y) di kelas B TK Tunas Harapan Kalipancur. Analisis menunjukkan nilai koefisien determinasi (R Square) yang sebesar 81,3. Hal ini menujukan bahwa pengaruh pola asuh orang tua yang terkena dampak negatif dari perkembangan sosial dan emosional anak mereka adalah sebesar 81,3%, dan pengaruh variabel lain sekitar 18,7% yang variabel tersebut tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Sosem Anak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 07:05 | ||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2024 07:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10354 |
Actions (login required)
View Item |