Internalisasi konten islami di youtube gamer Ray Restu Fauzi

Ulum, Muhammad Bahrul (2024) Internalisasi konten islami di youtube gamer Ray Restu Fauzi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3417099_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3417099_Bab I dan Bab V.pdf

Download (612kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan YouTube memungkinkan kreator melakukan siaran langsung (live streaming), yang populer sejak pandemi Covid-19. Banyak kreator, terutama gamer, beralih ke live streaming. Gamer sering dianggap toxic karena perkataan kasar saat bermain, meski ada juga yang tidak seperti MiawAug. Beberapa youtuber gamer bahkan menambahkan konten islami saat channel mereka berkembang Seperti Youtuber Ray Restu Fauzi. Penelitian ini berfokus pada fenomena internalisasi konten Islami dalam konteks yang unik dan menarik, yaitu melalui live streaming gim di kanal Youtube Ray Restu Fauzi, yang lebih dikenal dengan nama Om Ray. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses internalisasi nilai-nilai Islam terjadi pada penonton live streaming Om Ray, serta implikasi dari internalisasi tersebut terhadap kegiatan dakwah di platform Youtube. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konten model Berelson. Data primer penelitian ini adalah konten video live streaming Om Ray yang bertema "Reading Season", serta interaksi antara Om Ray dan penontonnya melalui fitur live chat. Data sekunder meliputi artikel, buku, jurnal, dan sumber lain yang relevan dengan penelitian. Analisis konten dilakukan dengan mengidentifikasi dan menginterpretasi tema-tema, pesan-pesan, dan simbol-simbol Islami yang terdapat dalam konten video, serta mengamati bagaimana penonton merespons dan berinteraksi dengan konten tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten live streaming Om Ray efektif dalam memfasilitasi internalisasi nilai-nilai Islam pada penontonnya. Hal ini terlihat dari pemilihan konten yang strategis, gaya penyampaian yang santai dan relevan, interaksi yang intens antara Om Ray dan penonton, serta pembentukan komunitas online yang solid. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, antara lain keterbatasan sampel, keterbatasan waktu, dan penggunaan metode kualitatif. Oleh karena itu, disarankan untuk penelitian selanjutnya agar memperluas sampel penelitian, menggunakan metode kuantitatif, dan melakukan penelitian longitudinal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukoyimah, MukoyimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Konten Islami, Youtube, Live streaming Game, Ray Restu Fauzi.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:33
Last Modified: 12 Sep 2024 02:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item View Item