Komunikasi intrapersonal grup hadroh Az-Zahir melalui lantunan sholawat dalam membangun kecintaan kepada Rasulullah SAW

Kurniawan, Asep (2024) Komunikasi intrapersonal grup hadroh Az-Zahir melalui lantunan sholawat dalam membangun kecintaan kepada Rasulullah SAW. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3417087_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3417087_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Grup hadroh Az-Zahir, yang didirikan pada tahun 2016 oleh Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, telah memainkan peran penting dalam membangkitkan kecintaan kepada Rasulullah SAW melalui lantunan shalawat. Kegiatan ini, yang awalnya merupakan pembacaan shalawat pada Jumat Kliwon, kini berkembang dengan berbagai inovasi, termasuk safari maulid dan penggunaan teknologi digital. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana lantunan shalawat dalam Majelis Az-Zahir membentuk komunikasi intrapersonal dan membangun rasa cinta kepada Rasulullah SAW. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana komunikasi intrapersonal grup hadrah Az-Zahir melalui lantunan shalawat dalam membangun kecintaan kepada Rasulullah SAW? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang cara komunikasi intrapersonal terjadi yang terjadi dalam grup hadrah Az-Zahir melalui lantunan shalawat dapat mempengaruhi dan memperkuat kecintaan individu kepada Rasulullah SAW. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yang melibatkan analisis literatur seperti buku, catatan, dan laporan hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode grounded theory. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, analisis dokumentasi terkait kegiatan Majelis Az-Zahir. Lantunan shalawat dalam Majelis Az-Zahir membantu para jamaah dalam refleksi pribadi, memperdalam rasa cinta kepada Rasulullah SAW, dan menginternalisasi nilai-nilai akhlak beliau. Shalawat juga mempengaruhi pembentukan karakter dan memperkuat ikatan sosial di antara anggota komunitas. Lantunan shalawat dalam Majelis Az-Zahir tidak hanya berfungsi sebagai bentuk pujian kepada Rasulullah SAW, tetapi juga sebagai media komunikasi intrapersonal yang efektif. Proses refleksi dan kontemplasi yang dihasilkan dari shalawat berkontribusi pada penguatan kecintaan kepada Rasulullah SAW dan pembentukan karakter yang lebih baik di antara para jamaah. Selain itu, kegiatan majelis ini memperkuat ikatan sosial dalam komunitas dan meningkatkan kualitas spiritual individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukoyimah, MukoyimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lantunan Shalawat, Komunikasi Intrapersonal, Majelis Az-Zahir, Rasulullah SAW.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:15
Last Modified: 12 Sep 2024 03:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10362

Actions (login required)

View Item View Item