Strategi komunikasi persuasif kanal youtube jeda nulis dalam pengarusutamaan toleransi beragama (program indonesia rumah bersama)

Salim, Irsyadul Aqlis (2024) Strategi komunikasi persuasif kanal youtube jeda nulis dalam pengarusutamaan toleransi beragama (program indonesia rumah bersama). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3417103_bab 1& 5.pdf

Download (963kB)
[img] Text
3417103_ teks full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Di era globalisasi saat ini banyak kalangan menggunakan media sosial sebagai sarana berkomunikasi. Media sosial yang populer dan sering di gunakan antara lain WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, line, YouTube dan lain sebagainya. Dampak dari maraknya penggunaan media sosial salah satunya sikap intoleransi yang bermunculan melalui media sosial. Kanal YouTube Jeda Nulis hadir sebagai kanal yang membahas mengenai pengarusutamaan toleransi beragama yang menyuguhkan sebuah informasi dan edukasi seputar toleransi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasif yang digunakan kanal YouTube Jeda Nulis dalam mengarusutamakan toleransi beragama. Penelitian ini menggunakan paradigma dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah pada video program Indonesia Rumah Bersama episode terakhir. Metode pengumpulan data dengan mengobservasi dan dokumentasi dari scane program Indoneisa Rumah Bersama dengan teori Komunikasi Persuasif Melvin L. De Fleur dan Sandra J. Ball-Rokeach diantaranya strategi komunikasi psikodinamika, strategi komunikasi sosialkultural dan strategi konstruksi makna. Dari hasil penelitian ini data ditarik kesimpulan yang pertama Berdasarkan hasil penelitian diatas peneliti menyimpulkan bahwa strategi komunikasi persuasif kanal YouTube Jeda Nulis dalam pengarusutamaan toleransi beragama dalam prosesnya menggunakan strategi psikodinamika yang berfokus pada individu yang memilih agamanya dengan kepercayaan dan kesadaran pribadi, kemudian menggunakan strategi komunikasi sosialkultural yang berfokus pada perilaku individu yang dipengaruhi kegiatan atau budaya dari luar, dan strategi meaning construction atau konstruksi makna yang berfokus pada analogi perumpamaan penyajian dialog dalam membentuk dan menjaga wadah dari berbagai agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrasetya, DimasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Persuasif, sikap toleransi, media sosial YouTube
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 02 Aug 2024 10:31
Last Modified: 12 Sep 2024 03:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10368

Actions (login required)

View Item View Item