Analisis pesan dakwah terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan pada channel youtube sinau hurip

Surur, Muhammad Miftakhus (2024) Analisis pesan dakwah terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan pada channel youtube sinau hurip. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3417118_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3417118_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kegiatan dakwah melalui media YouTube saat ini sudah banyak dikenal di kalangan anak muda dan bahkan orang tua. Dari sekian banyak konten yang disediakan oleh YouTube, konten investigasi sosial menarik banyak pendukung untuk mendapatkan perspektif dan preferensi. Substansi yang paling banyak mendapat perhatian saat ini adalah uji sosial yang melibatkan ODGJ sebagai pasal dalam substansinya. ODGJ kerap kali mengalami pengabaian dan menjadi penyintas kekejaman yang dilakukan oleh warga sekitar, bahkan orang terdekat ODGJ. Banyak youtuber yang telah mencoba dan menjadikan kekhasan ODGJ sebagai tema dalam kontennya. Salah satu channel yang mengangkat topik ODGJ adalah Sinau Hurip. Penelitian ini mengambil objek channel YouTube Sinau Hurip dengan video berjudul “Tato seorang wanita, Apa hubungan tlpnan-ingin kaya-tato wanita cantik" karena mempunyai keunggulan dalam bentuk pesan aksi dakwah, channel ini berisi tentang kegiatan berdakwah dengan mendekati ODGJ dijalanan untuk menyembuhkannya agar bisa kembali kedalam keluarganya. Metode penelitian yang digunakan secara kualitatif dengan analisis semiotika Ferdinant de Seassure sehingga memperoleh hasil bahwa dalam substansi pesan dakwah yang dilakukan pada channel Sinau Hurip dalam mengawasi ODGJ merupakan pesan akhlak dan pesan syariah karena memperlakukan ODGJ dengan baik dan tidak mengucilkan sebagaimaana kehwajiban adab kita terhadap sesama muslim. Penelitian lebih lanjut dianjurkan untuk menambah variabel atau mengubah variabel ke arah yang lebih sering ditemui oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIzzati, Firda AuliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Sosial Kemasyarakatan, Youtube Sinau Hurip.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:11
Last Modified: 12 Sep 2024 03:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10369

Actions (login required)

View Item View Item