Implementasi Peraturan Mentri Perdagangan 51-Mndag/2015 Terhadap Larangan Pakaian Bekas Impor Di Kabupaten Pekalongan

Akbar Muzakki Rakhmat, Akbar (2024) Implementasi Peraturan Mentri Perdagangan 51-Mndag/2015 Terhadap Larangan Pakaian Bekas Impor Di Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1220142_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (897kB)
[img] Text
1220142_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Pekalongan. Adapun penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer melalui wawancara dengan pihak-pihak yang bersangkutan dengan dinas perindustrian perdagangan serta para pedagang pakain bekas impor observasi yang dilakukan di kajen kecamatan Nyamok selain itu ada juga data sekunder meliputi buku-buku digunakan untuk meneliti objek penelitian. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dan dianalisis kualitatif teknik yang menggambarkan dan menginterpretasiakan data-data yang telah terkumpul. Hasil penelitian dapat disimpulkan Implementasi hukum terhadap larangan perdagangan pakaian bekas impor di Kabupaten Pekalongan masih belum optimal. Pemerintah Kabupaten Pekalongan, selaku pembuat kebijakan melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian, seharusnya melaksanakan pengawasan dan sosialisasi secara rutin terkait larangan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan yang efektif belum dilakukan, terutama di daerah seperti Kedungwuni, Kertijayan, Kajen, dan Doro. Pedagang pakaian bekas mengaku tidak pernah menerima sosialisasi atau inspeksi dari pihak berwenang terkait larangan ini. Akibatnya, perdagangan pakaian bekas impor masih terus berlangsung, meskipun pedagang menyadari bahaya kesehatan yang ditimbulkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIwan Zaenul Fuad, S.H., M.H, Bp. Iwan197706072006041003-
Uncontrolled Keywords: pakaian bekas impor, Kabupaten Pekalongan, implementasi hukum
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:20
Last Modified: 05 Aug 2024 08:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10371

Actions (login required)

View Item View Item