Praktik Akad Nikah Siri Oleh Penghulu Non Kua Di Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun 2022

Nurferliana, Isqi (2024) Praktik Akad Nikah Siri Oleh Penghulu Non Kua Di Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun 2022. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1118107_BAB 1 DAN 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1118107_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1118107_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fenomena praktik akad nikah siri oleh penghulu Non KUA di Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal dan tanpa dicatatkan di KUA lebih besar daripada pernikahan di KUA, padahal pemerintah telah mengatur pencatatan perkawinan dalam UU Nomor 1 Tahun 1974. Pada tahun 2022 terdapat sebanyak 173 pasangan nikah siri yang dinikahkan oleh penghulu non KUA, sedangkan pasangan yang menikah secara resmi di depan KUA hanya terdapat 115 pasangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik akad nikah siri oleh penghulu Non KUA di Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal dan faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih menikah secara siri di penghulu Non KUA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini antara lain : (1) masyarakat yang melakukan perkawinan siri dalam praktiknya dianggap tetap sah dilakukan dengan memenuhi syarat dan rukun islam; (2) alasan masyarakat Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal memilih menikah secara siri didasarkan karena kondisi bahwa masyarakat Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal terkendala biaya, waktu dan sulitnya pengurusan berkas administrasi, hambatan status perkawinan sebelumnya, serta dukungan dari keluarga atas rasa kepercayaan kepada sesepuh desa bertindak sebagai penghulu; (3) masyarakat Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal memilih menikah secara siri sesuai dengan pertimbangan rasional dengan memperhatikan resiko, kedala dan preferensi yang terbentuk ketika menikah secara siri. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal memilih menikah siri di depan penghulu Non KUA didasarkan pada nilai utilitas, aksiologis dan situasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTrigiatno, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penghulu Non KUA, Pernikahan, dan Siri.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 346.01 Domestic Relations, Family Law, Marriage/Hukum Keluarga, Hukum Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Keluarga Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:45
Last Modified: 05 Aug 2024 02:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10374

Actions (login required)

View Item View Item