BIMBINGAN KEAGAMAAN ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK KARIMAH PADA PESERTA DIDIK TPQ ALIKHLAS GAPURO WARUNGASEM BATANG

Ariyani, Nisrina (2022) BIMBINGAN KEAGAMAAN ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK KARIMAH PADA PESERTA DIDIK TPQ ALIKHLAS GAPURO WARUNGASEM BATANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H ABDURRAHMAN WAHID.

[img] Text
3517005-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3517005-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3517005-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: Https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Kemrosotan akhlak anak belakangan ini, membuat orang tua merasa resah dan khawatir. Kurangnya perhatian orang tua dan pergaulan yang salah dinilai menjadi sumber utama penyebab kemrosotan akhlak pada anak. Perlu adanya bimbingan untuk mencegah dan mengurangi kemrosotan akhlak anak agar bisa berperilaku atau berakhlak yang baik. Salah satu untuk mencegah dan mengurangi kemrosotan akhlak anak adalah dengan bimbingan keagamaan Islam, seperti yang diterapkan di TPQ al-Ikhlas Gapuro. Bimbingan keagamaan Islam dimakasudkan untuk membuat anak atau peserta didik agar mempunyai akhlak yang baik terhadap Allah SWT, terhadap sesama dan terhadap lingkungan sekitar. Dari uraian di atas, penelitian ini dilakukan, pertama, mendeskripsikan akhlak peserta didik di TPQ al-Ikhlas Gapuro. Kedua, mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan keagamaan Islam dalam membentuk akhlak karimah peserta didik di TPQ al-Ikhlas Gapuro. Ketiga, menganalisa faktor pendukung dan faktor penghambat bimbingan keagamaan Islam dalam upaya membentuk akhlak karimah pada peserta didik TPQ al-Ikhlas Gapuro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer yaitu Kepala Lembaga TPQ, Guru Pendidik dan Peserta Didik TPQ al-Ikhlas Gapuro, sedangkan data sekundernya yaitu dokumen, arsip gambar, buku dan jurnal yang mendukung atau penguat berkaitan dengan Bimbingan Keagamaan Islam dalam Membentuk Akhlak Karimah pada Peserta Didik TPQ Al-Ikhlas Gapuro Warungasem Batang dengan menggunakan trianggulasi data Miles dan Huberman untuk proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, akhlak peserta didik di TPQ al-Ikhlas Gapuro Warungasem Batang mengalami perubahan yang signifikan setelah mendapat bimbingan keagamaan Islam, hal ini dibuktikan dengan sebagian besar peserta didik menunjukkan perubahan akhlak yang signifikan, yakni akhlak kepada Allah SWT (shalat, ngaji dan doa-doa harian, akhlak terhadap sesama (tidak membuli teman, menghormati orang tua dan guru) dan akhlak terhadap lingkungan (menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan). Kedua, pelaksanaan bimbingan keagamaan Islam di TPQ al-Ikhlas Gapuro Warungasem Batang menggunakan dua metode, yakni metode langsung melalui ceramah, berkisah dan praktik dan metode tidak langsung melalui teladan dari ustadzah atau guru. Ketiga, faktor pendukungnya adalah kedisiplinan peserta didik, guru yang berkompeten dan antusias peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya, yakni keterbatasan waktu, keterbatasan fasilitas, kurangnya dukungan dari orang tua dan ada peserta didik yang sulit diatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurani, ShintaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: bimbingan keagamaan Islam dan akhlak karimah
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:26
Last Modified: 05 Aug 2024 02:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item