IMPLEMENTASI BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK MENGEMBANGKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MTS RIFAIYAH WONOKERTO KABUPATEN PEKALONGAN

KHANAN, SYAIFUL (2021) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK MENGEMBANGKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MTS RIFAIYAH WONOKERTO KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H ABDURRAHMAN WAHID.

[img] Text
3517006-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517006 -Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3517006 -lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
Official URL: Https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Umumnya remaja yang berstatus sebagai pelajar merupakan pribadi yang sedang mengalami peralihan dari fase anak menuju kedewasaan. Peralihan tersebut menjadi dorongan remaja untuk mencari eksistensinya, serta memunculkan perubahan tingkah laku yang dipengaruhi dari faktor internal maupun eksternal. Dari faktor internal sendiri, yang memberikan sumbangsih terbesar terhadap kecenderungan tingkah laku remaja yaitu nila religiusitas dalam diri remaja. Dimana religiusitas dinilai dapat memberikan arahan dalam melaksanakan hidupnya. Layanan bimbingan keagamaan di sekolah dapat dijadikan sebagai salah satu metode bimbingan, yang bisa digunakan oleh pembimbing dalam memberikan motivasi serta membimbing siswa agar konsisten bertindak sesuai dengan ajaran agama islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui religiusitas siswa di MTs Rifaiyah Wonokerto Kabupaten Pekalongan, (2) untuk mengetahui implementasi bimbingan keagamaan dalam mengembangkan religiusitas siswa di MTs Rifaiyah Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, Observasi, serta dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa religiusitas siswa di MTs Rifaiyah Wonokerto Kabupaten Pekalongan cukup relatif religiusitasnya dimana terdapat siswa yang memiliki religiusitas cukup baik, dan ada pula yang memliki religiusitas yang lemah dimana dilatar belakangi oleh beberapa faktor seperti keluarga, pergaulan, dan kurangnya pengetahuan dasar agama. Kemudian penerapan dalam proses meningkatkan religiusitas terhadap siswa di MTs Rifaiyah Wonokerto Kabu Pekalongan dengan kegiatan keagamaan dan materi yang berkaitan dengan dimensi religiusitas seperti dimensi keyakinan, praktik agama, pengalaman, pengetahuan agama, dan konsekuensi contohnya bimbingan dalam pelaksanaan sholat duha berjamaah, membaca asmaul husna, membaca Al-quran, kajian kitab, tahsin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMakmun, MakmunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Religiusitas, Siswa.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:40
Last Modified: 05 Aug 2024 02:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10394

Actions (login required)

View Item View Item