Analisis wacana dalam sinetron religi para pencari tuhan jilid 16

Sabila, Qotrunada (2024) Analisis wacana dalam sinetron religi para pencari tuhan jilid 16. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419121_BAB I dan BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3419121_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sinetron memberikan arah baru bagi penciptanya sebagai model dakwah yang dikemas dengan format berbagai ide atau gagasan yang berbeda. Sinetron bisa saja mempengaruhi pikiran dan perasaan seseorang yang menontonnya, mampu menarik perhatian khalayak untuk di tonton, baik disalurkan melalui media televisi maupun media lainnya. Salah satu media informasi seperti televisi dapat menjadi media dakwah dengan tujuan menghadirkan tayangan yang positif dan bermanfaat ditengah maraknya tanyangan yang negatif dan tidak berfaidah. Salah satunya menggunakan konsep dakwah melalui karya seni yaitu menampilkan sinetron Para Pencari Tuhan. Sinetron ini yang membawakan dakwah dengan gaya alur cerita kehidupan yang menarik, penuh dengan cinta dan ujian. Konsep dakwah dalam sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 16 ini dikemas dengan semenarik mungkin melalui alur ceritanya, menggambarkan fenomena yang terjadi di masyarakat zaman sekarang, di dalam sinetron tersebut ada beberapa anak punk yang meresahkan masyarakat. Punk memiliki ciri-ciri sendiri seperti budaya namun bukan budaya. Yakni memiliki gaya berpakaian, tata rias, gaya rambut, dan lain-lain yang unik, sangat tidak konvensional dan seringkali aneh atau mengejutkan, serta membangkang terhadap norma perilaku sosial yang ada di masyarakat. Biasanya dikaitkan dengan penggemar punk rock. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana Analisis Wacana Kritis dalam Sinetron Religi Para Pencari Tuhan Jilid 16 ? Hal ini memberikan pemantik kepada peneliti untuk menganalisis isi dan pesan dakwah sesuai dengan rumusan masalah penelitian. Apa saja Teks, Kognisi Sosial dan Konteks Sosial yang terkandung dalam sinetron tersebut. Untuk itu tujuan dari peneliti ini adalah bagaimana analisis wacana kritis teori Teun Van Dijk dalam sinetron religi Para Pencari Tuhan Jilid 16 “Kiamat Semakin Dekat” ?. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis teori Teun A.Van Dijk yang terdiri dari 3 dimensi yaitui teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil temuan peneliti secara sistematis, faktual, dan akurat. Dari hasil peneliti yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa analisi wacana kritis dalam sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 16 yaitu dilihat dari dimensi teks membentuk wacana tiga pesan dakwah yaitu pesan dakwah aqidah, syari’ah, dan akhlak. Dimensi kognisi sosial dari alur cerita sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 16 berkaitan pernyataan bahwa Islam adalah agama cinta, dimana setiap ajaran dalam Islam terdapat aspek cinta di dalamnya. Dari segi kontek sosial sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 16 dapat diterima baik oleh masyarakat melalui komentar-komentar baik dalam sinetron tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, Miftahul197409182005011004-
Uncontrolled Keywords: Analisis wacana, Sinetron Religi Para Pencari Tuhan, Televisi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:16
Last Modified: 12 Sep 2024 03:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10397

Actions (login required)

View Item View Item