Model konseling behavioral untuk mengatasi kecemasan sosial pada tokoh utama film the box

Muamalah, Nasiatul (2023) Model konseling behavioral untuk mengatasi kecemasan sosial pada tokoh utama film the box. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517047_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (922kB)
[img] Text
3517047_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3517047_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kecemasan sosial adalah perasaan takut dan khawatir terhadap pandangan orang lain, penilaian orang, dan ulasan negartif yang diberikan orang lain kepada individu tersebut. Di Indonesia sendiri, kasus kecemsan sosial sudah bisa dipandang umum, namun seiring banyaknya kasus kecemsan sosial, belum banyak yang menangani hal itu. Banyak masyarakat yang masih menyepelekan hal tersebut. Dalam film the box, yeng bercertita tentang seorang musisi yang mengalami kecemasan sosial dalam hal ini demam panggung. Selama proses mengatasi kecemasan sosial, tokoh di film the box menerapkan model konseling behavioral. Dan karena hal ini, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Model Konseling Behavioral Untuk Mengatasi Kecemasan Sosial Pada Tokoh Utama Dalam Film The Box”. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : 1) Bagaimana Kecemasan Sosial Tokoh Utama Dalam Film The Box sebelum dan sesudah menerapkan model konseling behavioral?; 2) Bagaimana Model Konseling Behavioral Untuk Mengatasi Kecemasan Sosial Tokoh Utama Dalam Film The Box?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana model konseling behavioral untuk mengatasi kecemasan sosial pada tokoh utama dalam film the box. Manfaat penelitian ini yaitu teoritis dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research). Dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gambaran kecemasan sosial pada tokoh utama dalam film the box meliputi, faktor penyebab kecemasan, gejala dan aspek kecemasan sosial. Sedangkan model konseling behavioral untuk mengatasi kecemasan sosial pada tokoh utama dalam film the box meliputi beberapa model, yaitu latihan asertif, modeling, desensitisasi sistematik, penguatan positif, teknik aversi. Setelah menerapkan model konseling behavioral, Ji Hoon mampu mengatasi kecemasan sosialnya, dan mampu tampil di depan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFarmawati, CintamiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Konseling Behavioral, Kecemasan sosial.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 05 Aug 2024 09:03
Last Modified: 27 Sep 2024 08:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10412

Actions (login required)

View Item View Item