Studi Komparasi Metode Tahfiz Al-Qur’an Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz Al-Malikiyah Dan Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran Kota Pekalongan

Ulum, Muhammad Darul (2024) Studi Komparasi Metode Tahfiz Al-Qur’an Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz Al-Malikiyah Dan Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran Kota Pekalongan. Masters thesis, UIN KH. ABDURRAHMAN WAHID.

[img] Text
Cover_Bab I_Bab VII_5221032.pdf - Other

Download (2MB)
[img] Text
M Darul Ulum_MPAI_5221032 Full.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://www.uingusdur.ac.id

Abstract

Pesantren termasuk salah satu lembaga pendidikan non-formal yang saat ini menjadi perhatian pemerintah. Hal ini dikarenakan asal mula pendidikan menunjukkan bahwa pesantren merupakan potret awal dari rasa peduli dan kontribusi masyarakat khususnya terhadap pendidikan di Indonesia. hal tersebut menjadikan pesantren dikenal sebagai lembaga pendidikan tertua yang otentik di Indonesia. Adapun maksud terlaksananya pendidikan pesantren diantaranya adalah untuk melahirkan generasi muslim yang mampu memahami ilmu agama secara detail. menghayati. serta mengamalkan ilmu tersebut dilakukan karena Allah SWT semata. Oleh sebab itu. banyak pesantren yang memasukkan pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an ke dalam lembaga tersebut. salah satu pesantren yang menerapkan pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an diantaranya adalah Pondok Pesantren Raudlotul Huffadh Al-Malikiyah dan Pondok Pesantren Modern Al Qur’an Buaran Kota Pekalongan. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana metode tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz Al-Malikiyah dan Pondok Pesantren Modern Al Qur’an Buaran? Bagaimana evaluasi metode tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz Al-Malikiyah dan Pondok Pesantren Modern Al Qur’an Buaran ? Bagaimana perbedaan dan persamaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz Al-Malikiyah dan Pondok Pesantren Modern Al Qur’an Buaran? Tujuan penelitian adalah : Menganalisis metode yang digunakan dan menghafalkan Al-Qur’an serta bentuk evaluasinya. Menganalisis persamaan dan perbedaan metode kedua pondok pesantren tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode kualitatif interaktif. Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Metode Tahfidz yang diajarkan dalam menghafal Al-Qur’an antara Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz Al-Malikiyah dan Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran Kota Pekalongan sama yaitu menggunakan metode ziyadah dan muroja’ah, namun berbeda dalam penerapannya sesuai dengan kemampuan para santri masing-masing. (2) Perbedaanya yaiu jika Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz Al-Malikiyah menggunakan tradisi ngeglondong sedangkan Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran menggunakan system karantina 40 hari apabila santri sudah khatam 30 Juz.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, Moh. Slamet2021046702UNSPECIFIED
Thesis advisorGhufron, M. Ali0723078701UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Tahfidz
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:43
Last Modified: 09 Aug 2024 02:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10416

Actions (login required)

View Item View Item