Hidayatullah, Bangkit Rizka (2024) Internalisasi Nilai Karakter Tanggung Jawab Melalui Ekstrakurikuler Teater Pada Anggota Teater Mendung Ma Yic Bandar. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2117360_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2117360_FULL TEXT .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2117360_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tanggung jawab merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran. Seseorang harus memiliki karakter tanggung jawab sebagai wujud dari kedewasaan diri untuk menunjukkan bahwa dirinya merupakan seseorang yang mampu menjalankan kewajiban baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Meskipun tanggung jawab merupakan suatu hal lahiriah yang melekat pada diri seseorang, namun karakter tanggung jawab memerlukan pembiasaan agar seseorang terbiasa menjalankan kewajibannya sebagai mana mestinya. Oleh karena itu karakter tanggung jawab harus sudah dimiliki oleh seseorang sedini mungkin. Ekstrakurikuler sebagai alternatif pembelajaran di luar jam kelas bisa menjadi solusi penanaman karakter pada diri siswa. Teater sebagai miniatur kehidupan mengajarkan banyak hal dalam mempelajari arti kehidupan, salah satunya tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain. Ekstrakurikuler teater menjadi solusi alternatif untuk menanamkan nilai karakter tanggung jawab agar siswa memiliki karakter tanggung jawab baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Peneliti mencoba mencari tahu bagaimana nilai karakter tanggung jawab yang muncul pada diri siswa di MA YIC Bandar dan bagaimana proses internalisasi nilai karakter tanggung jawab itu dilakukan pada diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data direduksi untuk mendapatkan informasi yang paling mendukung penelitian, data dianalisis keabsahannya dengan menggunakan triangulasi, kemudian dideskripsikan untuk penyajiannya. Hasil penelitian menunjukkan adanya karakter tanggung jawab yang muncul pada diri siswa setelah mengikuti ekstrakurikuler teater. Proses internalisasi karakter tanggung jawab terjadi melalui tiga tahapan. Tahap pertama transformasi niali, tahap kedua transaksi nilai dan tahap ketiga transinternalisasi nilai. Proses internalisasi melibatkan banyak unsur atau elemen mulai dari kepala sekolah, pembina, guru, pelatih dan orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Internalisasi, Karakter, Tanggung jawab, Ekstrakurikuler, Teater. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:28 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:28 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10422 |
Actions (login required)
View Item |